repository ptiq

Peningkatan Kemampuan Berkolaborasi Mahasiswa Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Di Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta

Hilman, Muhammad (2023) Peningkatan Kemampuan Berkolaborasi Mahasiswa Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Di Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2023-MUHAMMAD HILMAN-2019.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan kemampuan berkolaborasi mahasiswa melalui penerapan model cooperative learning Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta dengan menggunakan metode survey dengan teknik wawancara dan observasi kepada sumber data yaitu Kaprodi dan dosen terkait.
Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model cooperative learningdapat meningkatkan kemampuan berkolaborasi mahasiswa Pascasarjana Institut PTIQ Jakartapada prodi Magister manajemen pendidikan perguruan tinggi islam. Penerapan model cooperative learningdapat efektif diterapkan dalam pembelajaran ketika langkah-langkah yang disyaratkan bisa dipraktekkan dengan baik dan benar dalam pembelajaran. Adapun langkah-langkah serta penerapan dalam pembelajarannyayaitu:
1. Dosen memberikan informasi mengenai target pembelajaran yang akan dicapai dalam kelas dan memfokuskan pada pentingnya topik yang akan diajarkan serta memotivasi para mahasiswa agar lebih bersemangat untuk belajar.
2. Dosen menyajikan materi atau informasi kepada mahasiswa melalui demonstrasi atau sumber bacaan yang terkait pembelajaran.
3. Dosen memberikan petunjuk kepada para mahasiswa tentang bagaimana membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar bisa beradaptasi dengan cepat dan efisien.
4. Dosen memberikan pendampingan kepadasetiap kelompok belajar pada saat mahasiswa mengerjakan tugas mereka.
5. Dosen mengevaluasi prestasi belajar mahasiswa mengenai materi yang telah dipelajari, atau masing-masing kelompok saat memaparkan hasil kerjanya.
6. Dosen mencari metode untuk menghargai dan memberikan penghargaan baik atas usaha maupun prestasi belajar individu dan kelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 378. Pendidikan Tinggi, Unversitas > 378.598. Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 08 May 2023 05:00
Last Modified: 08 May 2023 05:00
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item
View Item