repository ptiq

Komunikasi Intersubjektif untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMP Islam Plus Az-Zahra Kota Depok

Sastradiharja, EE Junaedi (2023) Komunikasi Intersubjektif untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMP Islam Plus Az-Zahra Kota Depok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (1). ISSN 2614-3097 (online), 2614-6754 (print)

[thumbnail of Check Turnitin] Text (Check Turnitin)
35 Check Turnitin.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji komunikasi intersujektif untuk peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa. Temuan hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Komunikasi diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama komunikasi yang terjalin dalam proses pembelajaran, yaitu terjadinya dialog antara komunikator dalam hal ini adalah guru, dengan komunikan yaitu siswa sehingga message atau pesan yang disampaikan yaitu berupa materi, kurikulum pembelajaran tidak mengalami noise atau hambatan. Kegiatan diskusi, tanya jawab maupun berbagi pengalaman mampu memantik pola berpikir siswa menjadi lebih kritis, tanggap dan mampu menemukan solusi sehingga komunikator mampu memengaruhi komunikan dalam perubahan sikap, pendapat, perilaku maupun perubahan sosial. 2) Berdasarkan hasil evaluasi terhadap proses pembelajaran serta komunikasi yang terjadi sehari-hari di lingkungan sekolah, baik antara guru dengan guru, guru dengan siswa, siswa dengan siswa dengan menerapkan komunikasi ketersalingan atau intersubjektif yang ternyata dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terutama dalam pembelajaran di SMP Islam Plus Az-Zahra Kota Depok. Siswa mampu menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi, mampu berdiskusi tanpa saling menjatuhkan ataupun mencari kesalahan serta kekurangan individu lain. 3) Menerapkan pola komunikasi saling keterbukaan tanpa merasa bahwa guru selalu benar dan paling benar, menempatkan komunikan dan komunikator sebagai subjek, memberikan soal-soal High Order Thinking Skills (Hots) serta penerapan budaya literasi untuk memantik kritisisme siswa melalui bacaan yang mereka dapatkan sebagai upaya menghasilkan outcome yang mampu berpikir kritis, komunikasi menjadi terbuka dan berimbang, terasahnya daya kuriositas, serta terpangkasnya jarak sosial.

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Jurnal Online Institut PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 14 May 2023 04:39
Last Modified: 14 May 2023 04:39
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item
View Item