repository ptiq

Kreativitas Mengajar Guru Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Santri Masa Kenormalan Baru Di Ma Ponpes Darunnajah Jakarta

Wicaksono, Tanri (2022) Kreativitas Mengajar Guru Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Santri Masa Kenormalan Baru Di Ma Ponpes Darunnajah Jakarta. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-TANRI WICAKSONO-2019.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan Kreativitas Mengajar Guru,dalam melakukan persiapan mengajar, yaitu membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajan) atau di lingkungan Pondok Pesantren Darunnajah di sebut dengan i’dad. Didalam RPP mencakup kompetensi dasar, Kompetensi inti, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, alokasi waktu hingga evaluasi. Suatu Program pembelajaran atau rencana pembelajaran dipersiapkan guru maksimal satu hari sebelum proses belajar mengajar dilakukan. Kreativitas selanjutnya adalah melaksanakan program pembelajaran. Dalam pelaksanaan program pembelajaran guru harus melakukan beberapa tahap. Pertama, Guru memilih model dan Metode Pembelajaran yang berbeda-beda pada kelas yang berbeda dan secara garis besar guru MA Darunnajah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan MainMapping dengan rata-rata metode pembelajaran berbentuk ceramah, diskusi, tanya jawab. Kreativitas kedua, adalah guru mampu mengelola kelas dengan baik dalam hal ini guru MA Darunnajah Jakarta pengelolaan kelas rata-rata dengan menggunakan posisi duduk leter U dan membentuk Lingkaran, Ketiga, Kreativitas guru dalam menggunakan Media pembelajaran, rata-rata guru MA Darunnajah Jakarta menggunakan beberapa metode masa covid dan pasca covid secara variatif, media pembelajaran pada masa kenormalan baru ini diantaranya adalah media WhatsApp, Goolge Classroom, youtube, Email, PPT,dan Alat peraga yang lain yang tersedia di berbagai laboratoriun sekolah. Motivasi Belajar Santri Di Masa Kenormalan Baru di MA Darunnajah Jakarta juga mendapkan respon yang baik dan mengalami peningkatan motivasi dilihat dai beberapa aspek yaitu, kehadiran siswa, pengerjaan tugas dan ketekunan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:46
Last Modified: 25 Sep 2023 01:46
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item
View Item