Mustafa, Mustafa (2019) Pengaruh Metode Menghafal Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Menghafal Al-Qur’An SMP It Darul Qur’An Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2019-MUSTAFA-2015.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh metode menghafal dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi menghafal Al-Qur‟an secara terpisah maupun simulat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan
pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa kelas sembilan (9) SMP IT Darul Qur‟an Bogor. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 109 responden dari total 150 populasi kelas sembilan (9) SMP pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode menghafal dengan prestasi menghafal Al-Qur‟an siswa SMP IT Darul Qur‟an dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,334 dan koefisien determinasi R2(R square)sebesar 11,1%. Arah pengaruh ditunjukan dengan persamaan Ŷ = 64,912+ 0,217 X1, berarti bahwa setiap peningkatan satu unit metode menghafal akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi menghafal Al-Qur‟an 0,217. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi menghafal Al-Qur‟an siswa SMP IT Darul Qur‟an dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,332 dan koefisien determinasi R2(R square)sebesar 11%. Arah pengaruh ditunjukan dengan persamaan Ŷ = 88,070 + 0,209X1 + -0,220X2. yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit metode menghafal dan motivasi belajar siswa akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi menghafal Al-Qur‟an sebesar 88,059. Ketiga, terdapat pengaruh metode menghafal dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi menghafal Al-Qur‟an dengan koefisien korelasi atau 0,462 x 0,462 = 0,213) yang mengandung makna bahwa 21,3% variabilitas variabel prestasi menghafal Al-Qur‟an dapat dijelaskan oleh metode menghafal dan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa
metode menghafal (X1) dan motivasi belajar siswa (X2) secara bersamasama memberikan pengaruh terhadap prestasi menghafal Al-Qur‟an (Y) sebesar 21,3% sedangkan sisanya 78,7% (100% - 21,3% = 78,7 %) ditentukan oleh faktor-faktor yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 04 Nov 2023 07:55 |
Last Modified: | 04 Nov 2023 07:55 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1282 |