repository ptiq

Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini Melalui Murojaah Classical Di Kelas 1 SD Al-Azhar 17 Bintaro Tangerang Selatan

Hazumi, Natsa Shifaul (2023) Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini Melalui Murojaah Classical Di Kelas 1 SD Al-Azhar 17 Bintaro Tangerang Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2023-NATSA SHIFAUL HAZUMI-2020.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Hasil tesis penelitian ini menunjukkan muroja’ah merupakan metode utama dalam memelihara hafalan Al-Qur’an supaya tetap terjaga dan bertambah lancar. Memelihara hafalan Al-Qur’an memang bisa juga
dilakukan dengan mendengarkan bacaan orang lain atau kaset dan sebagai lainnya. Bisa juga dengan melihat dan memperhatikan mushaf tanpa melafazhkan dengan lisan. Kegiatan muroja‟ah merupakan salah satu metode untuk tetap memelihara hafalannya suapaya tetap terjaga. Penelitian ini memiliki tujuan Untuk mengetahui bagaimana pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan pelaksanaan menghafal di SD Islam Al- Azhar 17 Bintaro, Untuk mengetahui pengaruh metode Murojaah classical terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an kelas 1 SD Islam Al-Azhar 17 Bintaro dan Untuk mengetahui evaluasi metode Murojaah classical terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an kelas 1 SD Islam Al-Azhar 17 Bintaro. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan berlangsungnya pembelajaran Muroja’ah Clasical di SD Islam Al Azhar 17. Dimana para para siswa dan siswi belajar akan menghafal Alquran dengan berulang ulang, sehinngga memori yang ia dapat akan di praktekkan. Pengajaran berlangsung sebagai suatu proses saling mempengaruhi antaraguru dan siswa. Di antara keduanya terdapat hubungan atau komunikasi interaksi. Keduanya menunjukkan aktivitas yang seimbang hanya berbeda peranannya saja. Proses pengajaran itu berlangsung dalam situasi pengajaran, di mana di dalamnya terdapat komponen-komponen atau faktor-faktor, yakni: tujuan mengajar, siswa yang belajar, guru yang mengajar, metode mengajar, alat bantu mengajar, penilaian dan situasi pengajaran.. (2) Faktor pendukung pelaksanaan pengembangan Murojaah Clasical tidak lain dari minat siswa, orang tua, guru, maupun lingkungan sekitar tersebut, karena tanpa adanya siswa program tersebut tidak akan berjalan. Selain siswa juga ada orang tua, peran orang tua sangat penting untuk pelaksanaan program tersebut, karena adanya peran orang tua bisa memeberikan perhatian penuh untuk anaknya. Selanjutnya yaitu guru, dalam Murojaah Clasical tersebut perlu adanya guru yang ahli dalam bidangnya agar program tersebut lancar. (3) menganalisis dan menemukaan murojaah Classical Setiap kegiatan pasti ada yang namanya lingkungan maupun masyarakat sekitar. Dari lingkungan yang adanya pondok dapat mendukung untuk bekerjasama agar bisa ikut mengontrol berjalannya program Tahfidz tersebut. Ada juga faktor yang menghambat pelaksanaan pengembangan pembelajaran Murojaah Clasical di SD Islam 17 Bintaro yaitu juga dari dalam diri siswa sendiri yang menimbulkan rasa malas, televisi dan hape.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.21. Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 22 Nov 2023 05:19
Last Modified: 22 Nov 2023 05:19
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item
View Item