repository ptiq

Paud Madinatur Rahmah Perspektif Pendidikan Ramah Anak

Hasanah, Hainatun (2018) Paud Madinatur Rahmah Perspektif Pendidikan Ramah Anak. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2018-HAINATUN HASANAH-2016.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang paling mendasar yang harus dimiliki setiap orang, karena tanpa pendidikan manusia tidak akan tahu mana yang baik mana yang buruk, dan Islam sangat menjunjung tinggi pendidikan tersebut. Menurut Suparlan Suhartono dalam bukunya Filsafat Pendidikan, menyatakan bahwa”pendidikan adalah segala kegiatan pembelajaran yang berlangsung sepanjang zaman dalam segala situasi kegiatan kehidupan. Pendidikan berlangsung di segala jenis, bentuk dan tingkat lingkungan hidup yang kemudian mendorong pertumbuhan segala potensi yang ada di dalam diri individu”.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: Pertama, Menganalisis konsep pendidikan ramah anak di PAUD Madinatur Rahmah. Kedua, Menganalisis proses pembelajaran pendidikan ramah anak di PAUD Madinatur Rahmah. Ketiga, Menganalisis evaluasi pendidikan ramah anak di PAUD Madinatur Rahmah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fenomenologi dengan survei melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian direduksi, dianalisis kemudian diambil kesimpulan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa PAUD Madinatur Rahmah Telah sukses mendidik siswa-siswinya menjadi pribadi yang disiplin, ta‟at pada agama dan ramah, ini di buktikan dengan hasil yang di peroleh guru dari pengamatan ketika disekolah peserta didik tidak mau mengakhiri pelajarannya dan tidak mau pulang karena masih senang disekolah.
Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pendidikan ramah anak pada lembaga PAUD. Hendaknya berbagai pihak seperti kepala lembaga beserta guru, masyarakat, pemerintah setempat dan dinas terkait untuk ikut berperan aktif dalam pengembangan pendidikan ramah ank di PAUD, misalnya dengan berbagai sosialiasi pendidikan ramah anak kepada masyarakat, peningkatan kompetensi dan kesejahteraan guru, meningkatkan perhatian kepada lembaga- lembaga PAUD dalam hal sarana dan prasarana dan bagi masyarakat semakin memahami pentingnya PAUD yang kemudian berdampak pada berkembangnya kualitas pendidikan ramah anak pada lembaga-lembaga PAUD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:57
Last Modified: 21 Dec 2023 03:57
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item
View Item