repository ptiq

Pengaruh Iklim Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Pada Sekolah Menengah Pertama Al-Ashriyyah Nurul Iman Parung Kabupaten Bogor

Ngalim, Samingun (2018) Pengaruh Iklim Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Pada Sekolah Menengah Pertama Al-Ashriyyah Nurul Iman Parung Kabupaten Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2018-SAMINGUN NGALIM-2015.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh iklim organisasi dan kompensasi terhadap kepuasan kerja guru secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional terhadap data- data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru- guru SMP al-Ashriyyah Nurul Iman parung kabupaten bogor. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 75 responden dari total populasi 75 guru SMP al-Ashriyyah Nurul Iman parung kabupaten bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/ kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan sangat kuat/signifikan antara iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,619 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,383 yang memberikan pengaruh dengan kinerja guru sebesar 38,3%. dan sisanya 61,7% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefesien regresi diperoleh Ŷ = 20,100 + 0,845X1 artinya setiap peningkatan satu unit skor efikasi diri mempengaruhi peningkatan skor kinerja guru sebesar 0,845.
Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompensasi terhadap kepuasan kerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,716 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,513 yang memberikan pengaruh dengan kinerja guru sebesar 51,3 % % dan sisanya yaitu 48,7% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefesien regresi diperoleh Ŷ= 20,630 + 0,832X2 artinya setiap peningkatan satu unit skor kompetensi profesional mempengaruhi peningkatan skor kinerja guru sebesar 0,654.
Ketiga, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara iklim organisasi dan kompensasi secara bersama- sama dengan kinerja guru dengan koefisen korelasi = 00,567 dan koefesien determinasi R2 sebesar 0,567 yang memberikan pengaruh secara bersamaan dengan kinerja guru sebesar 56,7% dan sisanya yaitu 43,3% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefesien regresi diperoleh Ŷ = 21,254 + 0,397X1+ 0,527X2 artinya setiap peningkatan satu unit skor independen efikasi diri dan kompetensi profesional secara bersamaan mempengaruhi peningkatan skor kinerja guru sebesar 0,397 + 0,527 = 0,924.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:01
Last Modified: 21 Dec 2023 06:01
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item
View Item