repository ptiq

Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Pondok Aren Tangerang Selatan

Yumnah, Yumnah (2021) Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Pondok Aren Tangerang Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Pondok Aren Tangerang Selatan] Text (Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Pondok Aren Tangerang Selatan)
2021-YUMNAH-2017.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Yumnah (172520055): Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di M.Ts. Darussalam Pondok Aren Tangerang Selatan.
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik Kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di M.Ts. Darussalam Pondok Aren Tangerang Selatan dan implikasinya terhadap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru.
Penelitian ini menggunakan metode phenomenology yaitu kajian terhadap fenomena-fenomena yang nampak dan nyata dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif berupa paparan dari hasil wawancara dan observasi dan dilengkapi data yang diperoleh dari dokumen-dokumen
pendukung, seperti buku hasil supervisi kepala madrasah dan dokumen lainnya yang diperlukan. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, serta dewan guru. Adapun temuan hasil penelitian dalam penelitian ini terdiri dari dua temuan yakni:
Pertama, pelaksanaan supervisi akademik Kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru M.Ts. Darussalam Pondok Aren Tangerang Selatan, dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut dengan fokus pembinaan pada: (1) penguasaan konsep dan model pembelajaran yang mendukung mata pelajaran yang diampunya; (2) pengembangan materi ajar secara luas dan mendalam yang disajikan dengan kreatif, inovatif dan menyenangkan; (3) pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran dan pengembangan diri peserta didik; (4) pengembangan profesionalitas guru secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif,
Kedua, Implikasi pelaksanaan supervisi akademik Kepala Madrasah terhadap kompetensi profesional guru di M.Ts. Darussalam Pondok Aren Tangerang Selatan adalah terjadinya peningkatan kompetensi profesional guru terlihat dari terjadinya perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, sehingga lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan bagi peserta didik, sehingga hasil belajar dari peserta didik mengalami peningkatan juga yang tampak pada nilai rata-rata pada mata pelajaran yang diampu guru.
Kata Kunci: Supervisi Akademik Kepala Madrasah dan Kompetensi Profesional Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 297. Islam > 297.07. Pendidikan Islam, Penelitian Islam, dan Topik yang berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 17 Aug 2021 01:50
Last Modified: 17 Aug 2021 01:50
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item
View Item