repository ptiq

Pengaruh Metode Resitasi dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Tanggungjawab Peserta Didik di Kelas X SMK Negeri 9 Jakarta

Habibah, Fathia (2020) Pengaruh Metode Resitasi dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Tanggungjawab Peserta Didik di Kelas X SMK Negeri 9 Jakarta. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Metode Resitasi dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Tanggungjawab Peserta Didik di Kelas X Smk Negeri 9 Jakarta] Text (Pengaruh Metode Resitasi dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Tanggungjawab Peserta Didik di Kelas X Smk Negeri 9 Jakarta)
2020-FATHIA HABIBAH-2018.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan alat pengumpul data menggunakan angket. Sedangkan, analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat sebaran sampel, uji prasyarat analisis statistik, dan uji t (parsial) dan uji F (simultan) dalam analisis regresi linier berganda untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik Kelas X SMK Negeri 9 Jakarta, dengan jumlah sampel 121 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan metode resitasi terhadap sikap tanggungjawab peserta didik berdasarkan hasil uji t parsial dalam analisis regresi linear berganda, dengan besarnya pengaruh 13.3% dan persamaan regresi linear sederhana (unstandardized coefficients B) Ŷ = 90,506 + 0.314X1 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor metode resitasi, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor sikap tanggungjawab sebesar 90,820.
Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua sekolah terhadap sikap tanggungjawab berdasarkan hasil uji t parsial dalam analisis regresi linear berganda, besarnya pengaruh 14,4% dan persamaan regresi linear sederhana (unstandardized coefficients B) Ŷ = 86,372 + 0.346X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor pola asuh orang tua, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor sikap tanggungjawab sebesar 86,718.
Ketiga, Terdapat pengaruh metode resitasi dan pola asuh orang tua secara bersama-sama atau simultan terhadap sikap tanggungjawab peserta didik berdasarkan hasil uji F simultan (Uji F) dalam analisis regresi linear berganda, besarnya pengaruh 17.6% dan persamaan regresi linear berganda (unstandardized coefficients B) Ŷ = 79.936 + 0.189 X1 + 0.231 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor metode resitasi dan pola asuh orang tua secara bersama-sama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan sikap tanggungjawab, sebesar 80.356.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 306. Kebudayaan & Pranata > 306.874. Orang Tua
300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8. Siswa, Murid, Pelajar
300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238. Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:45
Last Modified: 31 Aug 2021 06:45
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item
View Item