repository ptiq

Implementasi Keterpaduan Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Bahan Ajar Teks Genre Pada Pelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah

Halimatussa’Diyah, Halimatussa’Diyah (2023) Implementasi Keterpaduan Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Bahan Ajar Teks Genre Pada Pelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2023-HALIMATUSSA'DIYAH-2021.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian tesis dengan judul Implementasi Keterpaduan Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Bahan Ajar Teks Genre Pada Pelajaaran Bahasa Inggris di Madrasah ini ada tiga. Pertama, untuk mendeskripsikan bahan ajar teks genre pada mata pelajaran Bahasa Inggris di madrasah. Kedua, untuk menganalisa manfaat materi ajar pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dan ketiga, untuk mengimplementasikan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) pada bahan ajar teks genre pelajaran Bahasa Inggris madrasah
metode penilitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian Dengan menjadikan buku pelajaran PAI dan Bahasa Inggris di tingkat MTs dan MA, jurnal, hasil penelitian, buku ilmiah yang relevan dan internet searching sebagai objek penelitian analisa penelitian dilakukan dengan menganalisa konten, analisa wacana dan analisa naratif.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah fungsi sosial pada teks genre dapat memadukan berbagai materi yang terdapat dalam mata pelajaran rumpun PAI untuk dijadikan sebagai bahan ajar pelajaran Bahasa Inggris. Dengan dimungkinkannya implementasi keterpaduan ini maka terdapat tiga unsur yang akan mendapatkan manfaat yakni siswa, guru dan lembaga.
Hasil penelitian ini sejalan dengan beberapa penelitian terdahulu seperti I Gusti Komang, et.al. (2013), Devi Nur Aini (2020), Teresea Erganita Ginting, et.al. (2021), dan Astri Khoirunnisa (2018) yang menyatakan bahwa bahan ajar untuk pembelajaran bahasa Inggris yang kreatif dan terintegrasi mampu mengoptimalkan potensi siswa dan lingkungan, memacu siswa untuk dapat berbicara secara lancar, berdampak pada motivasi guru dan peningkatan rasa percaya guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:58
Last Modified: 04 Apr 2024 04:58
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item
View Item