repository ptiq

Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Al-Qur’an

Sabarudin, Sabarudin (2020) Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Al-Qur’an. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Al-Qur’an] Text (Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Al-Qur’an)
2020-SABARUDIN-2015.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Dalam tesis ini, Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Alqur’an, menguraikan pandangan Alqur’an tentang manajemen pendidikan anak usia dini di mana Alqur’an telah menguraikan bagaimana memanage pendidikan anak mulai dari lingkungan keluarga sampai lingkungan sekolah.
Paparan Alqur’an tentang pendidikan anak usia dini sudah dimulai sejak periode pranatal (sebelum lahir), pascanatal (setelah lahir) dan sampai usia 1-5 tahun. Di sinilah peran orangtua untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya sesuai dengan petunjuk Alqur’an.
Metode dan materi pembelajaran untuk anak usia dini sebagaimana yang dijelaskan oleh Alqur’an berbeda dengan metode pembelajaran anak dewasa, hal ini dikarenakan anak usia dini masih membutuhkan kasih saying dan belum saatnya belajar seperti anak dewasa yang sudah mandiri.
Disinilah peran orang tua untuk memberikan pendidikan kepada anaknya sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Alqur’an. Jika orang tua bisa mengaplikasikan dan memposisikan diri sesuai dengan yang ada dalam Alqur’an, maka akan terbentuk generasi-generasi yang berkarakter Qur’ani.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Library Research yaitu suatu metode untuk memperoleh data dengan mempelajari buku-buku dari perpustakaan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.21. Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:01
Last Modified: 03 Sep 2021 07:01
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item
View Item