Muntazor, Husen Ghulam Al (2024) Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
![[thumbnail of Naskah Tesis]](https://repository.ptiq.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2024-HUSEN GHULAM AL-MUNTAZOR-2021.pdf - Accepted Version
Download (3MB)
Abstract
Kesimpulan tesis ini adalah manajemen pembelajaran Al Qur'an dalam bentuk transformasi digital mampu mempermudah akses terhadap Al-Qur'an dan memperkaya pengalaman pembelajaran peserta didik dengan pendekatan yang lebih fleksibel dan sesuai dengan perkembangan teknologi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an, dan menganalisis manajemen pembelajaran Al-Qur’an berbasis digital untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library reseach melalui kajian perpustakaan, jurnal, tesis/disertasi dan sumber sumber lain yang bersifat literatur kepustakaan.
Temuan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran Al-Qur'an berbasis digital sebagai langkah revolusioner dalam mendukung proses pembelajaran Al-Qur'an di tengah tantangan degradasi membaca Al-Qur'an di kalangan umat Islam Indonesia.Tujuan dari metode ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an.
Pertama,keterampilan membaca Al-Qur’an sebagai upaya untuk untuk memperdalam pemahaman agama Islam, meningkatkan iman, dan membentuk karakter moral individu. Proses membaca Al-Qur'an bukan hanya sebatas mengartikan huruf dan kata, tetapi juga melibatkan pemahaman mendalam terhadap makna dalam Al-Qur’an. Upaya membentuk keterampilan membaca Al-Qur'an merupakan bagian integral dari pendidikan agama Islam yang mencakup pelatihan dalam ilmu tajwid, makhrijul huruf, danNagham Al-Qur’an, adab membaca Al-Qur’an serta pesan yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur'an.Keterampilan membaca Al-Qur'an juga dapat membantu membangun hubungan yang lebih erat antara individu dengan nilai-nilai moral dan etika yang diajarkan dalam Al-Qur'an.
Kedua,manajemen pembelajaran Al-Qur’an berbasis digital yangmencakup beberapa aspek yang mencerminkan prinsip-prinsip manajemen diantaranya (1) perencanaan (planning) yang meliputi penentuan tujuan pembelajaran, desain materi pembelajaran, dan penjadwalan pembelajaran;(2) pengorganisasian (organizing) yang meliputi pengelolaan platform pembelajaran digital dan penetapan peran atau tanggung jawab bagi pendidik, peserta didik dan administrator platform pembelajaran digital;(3) pemimpinan (leading) yang meliputi pemberian bimbingan dan motivasi dan pengembangan keterampilan guru; dan (4) pengawasan (controlling) yang evaluasi pembelajaran dan pemantauan platform pembelajaran.
Ketiga,transformasi digital dalam pembelajaran Al-Qur’an yang mampu meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an. Transformasi digital ini mengubah paradigma pembelajaran tradisional menjadi lebih modern dan inovatif. Aksesibilitas yang luas melalui perangkat digital memungkinkan peserta didik untuk terhubung dengan Al-Qur'an kapan saja dan di mana saja. Pembelajaran personalisasi menjadi mudah dengan adanya aplikasi Al-Qur'an digital yang menyediakan fitur-fitur interaktif, tafsir, dan pilihan bacaan sesuai dengan kebutuhan individu. Dengan demikian, transformasi digital tidak hanya mempermudah akses terhadap Al-Qur'an, tetapi juga memperkaya pengalaman pembelajaran peserta didik dengan pendekatan yang lebih fleksibel dan sesuai dengan perkembangan teknologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 05:28 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 05:28 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1611 |