repository ptiq

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Organisasi terhadap Sikap Kerja Guru di Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta

Mufid, Ahmad (2019) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Organisasi terhadap Sikap Kerja Guru di Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Organisasi terhadap Sikap Kerja Guru di Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta] Text (Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Organisasi terhadap Sikap Kerja Guru di Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta)
2019-AHMAD MUFID-2017.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empiric terkait pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi organisasi terhadap sikap kerja guru secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru-guru Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 83 responden dari total 104 populasi guru pada semester ganjil tahun ajaran 2019-2020. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasi. Dari penelitian ini adalah :
Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap sikap kerja guru dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,545 dan koefisien determinasi (R2) 29,7%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 42,715+0,658X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kepemimpinan kepala sekolah (X1) akan diikuti kenaikan sikap kerja guru (Y) sebesar 0,658 poin.
Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi organisasi terhadap sikap kerja guru dengan koefisien korelasi (r) 0,324 dan koefisien determinasi (R2) 10,5%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 79,406+0,384X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin komunikasi organisasi (X2) akan diikuti kenaikan sikap kerja guru (Y) sebesar 0,384 poin.
Ketiga, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi organisasi secara simultan terhadap sikap kerja guru. Koefisien korelasi sebesar 0,344 sedangkan koefisien determinasi sebesar 11,8%. persamaan regresi Ŷ = 64,668+0,119X1+0,382X2 Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan komunikasi organisasi (X2) secara bersama-sama akan diikuti kenaikan sikap kerja guru (Y) sebesar 0,501 Poin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.341. Pondok Pesantren
300. Ilmu Sosial > 302. Interaksi Sosial > 302.2. Komunikasi
300. Ilmu Sosial > 303. Proses Sosial > 303.3. Koordinasi dan Kontrol > 303.34. Kepemimpinan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 04 Sep 2021 06:03
Last Modified: 04 Sep 2021 06:03
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item
View Item