repository ptiq

Pengaruh Pembinaan Progam Tahfizhul Qur’an dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa SMP Amaliah Ciawi Bogor

Said, Ahmad Nor (2019) Pengaruh Pembinaan Progam Tahfizhul Qur’an dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa SMP Amaliah Ciawi Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Pembinaan Progam Tahfizhul Qur’an dan  Kompetensi Sosial Guru terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa SMP Amaliah Ciawi Bogor] Text (Pengaruh Pembinaan Progam Tahfizhul Qur’an dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa SMP Amaliah Ciawi Bogor)
2019-AHMAD NOR SAID-2016.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh Pengaruh Pembinaan Progam Tahfizhul Qur' dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa di SMP Amaliah Ciawi Bogor secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini peulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu peserta didik SMP Amaliah Ciawi Bogor. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 152 responden dari total 271 populasi peserta didik kelas VIII dan kelas IX pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi.jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Dan hasil penelitian ini adalah :
Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Pembinaan Progam Tahfizhul Qur’an terhadap Motivasi Mengafal Al-Qur’an dengan nilai koefisien korelasi Pearson correlationsebesar 0,877 dan koefisien determinasi R2 (R square) 77%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi (unstandardized coefficients B) Ŷ = 38,379+ 0,676X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor Pembinaan Progam Tahfizhul Qur’an akan diikuti peningkatan skor motivasi menghafal Al-Qur’an sebesar 0,676.
Kedua,Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kompetensi Sosial Guru terhadap Motivasi Mengafal Al-Qur’an dengan nilai koefisien korelasi Pearson correlation sebesar 0,675dan koefisien determinasi R2 (R square)44.5%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi (unstandardized coefficients B) Ŷ = 80,226 + 0,347X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor Kompetensi Sosial Guru akan diikuti peningkatan skor Motivasi Mengafal Al-Qur’an sebesar 0,347.
Ketiga,Pembinaan Progam Tahfizhul Qur’an dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Motivasi Siswa Mengafal Al-Qur’an dengan nilai koefisien korelasi Pearson correlation sebesar 0,843dan koefisien determinasi R2 (R square)71%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi (unstandardized coefficients B) Ŷ = 38,698 + 0,677X1 + ,324X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor pembinaan progam tahfizhul qur’an dan kompetesi sosial guru secara bersama-sama akan diikuti peningkatan skor motivasi menghafal Al-Qur’an sebesar 1,001.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 04 Sep 2021 06:40
Last Modified: 04 Sep 2021 06:40
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item
View Item