repository ptiq

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Metode Ceramah terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Islam Ruhama Tangerang Selatan)

Supriyanto, Ahmad (2019) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Metode Ceramah terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Islam Ruhama Tangerang Selatan). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Metode Ceramah terhadap Prestasi Belajar  Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Islam Ruhama Tangerang Selatan)] Text (Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Metode Ceramah terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Islam Ruhama Tangerang Selatan))
2019-AHMAD SUPRIYANTO-2014.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empirik mengenai pengaruh kompetensi profesional guru dan metode ceramah terhadap prestasi belajar siswa secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Islam Ruhama Tangerang Selatan. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 100 responden siswa kelas VIII SMP Islam Ruhama dari total 134 populasi pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar PAI di SMP Islam Ruhama Tangerang Selatan yang ditunjukkan dengan besarnya nilai koefisien korelasi (r)sebesar 0,471dan koefisien determinasi (R2)22,2%. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 112,563 + 0,132X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kompetensi profesionl guru akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi belajar PAI sebesar 0,132.
Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara metode ceramahterhadap prestasi belajar PAI di SMP Islam Ruhama Tangerang Selatanyang ditunjukkan dengan besarnya nilai koefisien korelasi (r) antara kedua variabel ini sebesar 0,326dan koefisien determinasi (R2)10,6%.Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 116,634 + 0,088X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor metode ceramahakan mempengaruhi peningkatan skor prestasi belajar PAI sebesar 0,088.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dan metode ceramah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PAI di SMP Islam Ruhama Tangerang Selatan yang ditunjukkan oleh nilai probabilitas (sig.F change) = 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00< 0,05). Nilai koefisien korelasi (r) antara kedua variabel ini sebesar 0,488 dan koefisien determinasi (R2)23,8%.Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan persamaan regresi Ŷ = 109,980 + 0,114X1+0,038X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kompetensi profesional guru (X1) dan metode ceramah (X2) secara bersama-sama akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi belajar (Y) sebesar 0,152.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 297. Islam > 297.7. Perkembangan Islam > 297.77. Pendidikan Agama Islam
300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 04 Sep 2021 07:27
Last Modified: 04 Sep 2021 07:27
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item
View Item