repository ptiq

Efektivitas Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif (APE) Balok dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini

Fadiyah, Nur (2019) Efektivitas Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif (APE) Balok dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Efektivitas Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif (APE) Balok dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini] Text (Efektivitas Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif (APE) Balok dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini)
2019-NUR FADIYAH-2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan aspek kognitif melalui penggunaan media balok yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di kelompok A dan B TK Permata Plus Cinangka Sawangan Depok.
Penelitian tesis ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif,yakni penelitian yang dimaksudkan untuk memahami fenomena tentang apa yang terjadi pada subjek, penelitian menghasilkan data deskriptif yang berujung pada kesimpulan tentang penelitian ini. Jenis data yang digunakan penulis adalah data kualitatif, suatu penelitian akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang merupakan pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat.
Efektivitas Pemanfaatan alat Peraga yang dihubungkan dengan perkembangan kognitif anak usia dini, dengan strategi penerapan metode bermain balok di Tk Permata Plus Cinangka Sawangan Depokyang dilakukan oleh para guru akan menentukan keberhasilan Efektivitas perkembangan kognitif peserta didik, yang kemudian dikembangkan secara rutin sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dikaitkan dengan strategi penerapan metode bermain balok yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
Praktik pembelajaran yang menggunakan media balok di TK Permata Plus kurang maksimal disebabkan oleh rasio peserta didik jumlah melebihi jumlah alat peraga balok yang tersedia, sehingga pembelajaran belum bisa maksimal. Diperlukan Keaktifan keterlibatan anak secara intensif untuk meningkatkan kemampuan mereka dan diperlukan penelitian lebih lanjut dari berbagai variasi untuk memberikan kontribusi dalam masalah pembelajaran.
Bermain balok, dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini diantaranya: mengenal Bentuk geometri, mengenal Warna. Membuat Kreasi bentuk dari Balok, Mengurutkan benda berdasarkan lima seriasi ukuran atau warna dan Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau sejenis atau berpasangan dengan dua variasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.21. Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:34
Last Modified: 04 Oct 2021 07:34
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item
View Item