Rudiyanto, Rudiyanto (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Budaya Sekolah terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa SMP Huffazh Darul Munir Bekasi. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2019-RUDIYANTO-2016.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-dataempirik terkait dengan Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Budaya Sekolah Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei,dengan teknik korelasional dan analisis regresi sederhana dan ganda. Sampel diambil dari populasi sebanyak 88 dari total 132 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan studi dokumenter. Teknik analisa data yang digunakan model analisis Deskriptif, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi sederhana dan regresi ganda yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa SMP. Huffazh Darul Munir Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien Korelasi sebesar 0,536 dan koefisien determinasi R2sebesar 0,288. Regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ=54,758+0,309X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit Kecerdasan Emosional akan mempengaruhi peningkatan skor Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa sebesar 0,309.
Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan Produktivitas Budaya Sekolah terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa SMP. Huffazh Darul Munir Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,638 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,405. Analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 36,396 + 0,499 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit Budaya Sekolah akan mempengaruhi peningkatan skor Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa sebesar 0,439.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional dan Budaya Sekolah secara bersama-sama terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa SMP. Huffazh Darul Munir Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan besarnya pengaruh koefisien determinasi R2sebesar 0,654 dan analisis regresi ganda yang dilakukan secara bersama-sama, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 36,626+0,118 X1+ 0,394 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor Kecerdasan Emosional dan Budaya Sekolah akan mempengaruhi peningkatan skor Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa sebesar 0,511.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 153. Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.9. Kecerdasan dan Bakat 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 04:27 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 04:27 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/216 |