repository ptiq

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengelolaan Kepegawaian terhadap Penanggulangan Stres Guru pada Sekolah Menengah Atas di Sub Rayon 11 Parung Kabupaten Bogor

Mudzakkir, Muhammad (2018) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengelolaan Kepegawaian terhadap Penanggulangan Stres Guru pada Sekolah Menengah Atas di Sub Rayon 11 Parung Kabupaten Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengelolaan Kepegawaian terhadap Penanggulangan Stres Guru pada Sekolah Menengah Atas di Sub Rayon 11 Parung Kabupaten Bogor] Text (Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengelolaan Kepegawaian terhadap Penanggulangan Stres Guru pada Sekolah Menengah Atas di Sub Rayon 11 Parung Kabupaten Bogor)
2018-MUHAMMAD MUZAKKIR-2015.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan pengelolaan kepegawaian terhadap pengelolaan stress guru secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru-guru SMA di sub rayon 11 parung kabupaten bogor. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 104 responden dari total populasi 140 guru SMA swasta di sub rayon 11 parung kabupaten bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/ kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap penanggulangan stres guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,660 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,436 yang memberikan pengaruh terhadap pengelolaan stres guru sebesar 43,6%. dan sisanya 56,4% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefesien regresi diperoleh Ŷ = 55,886 + 0,531X1 artinya setiap peningkatan satu unit skor kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi peningkatan skor penanggulngan stres guru sebesar 0,531. Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan kepegawaian terhadap penanggulangan stres guru dengan koefisien korelasi sebesar 0, 694 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,481 yang memberikan pengaruh terhadap penanggulangan stres guru sebesar 48,1 % dan sisanya yaitu 51,9% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefesien regresi diperoleh Ŷ= 50,334 + 0,572X2 artinya setiap peningkatan satu unit skor pengelolaan kepegawaian mempengaruhi peningkatan skor penanggulangan stres guru sebesar0,572. Ketiga, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan pengelolaan kepegawaian secara bersamasama terhadap penanggulangan stres guru dengan koefisen korelasi = 0,706 dan koefesien determinasi R2 sebesar 0,499 yang memberikan pengaruh secara bersamaan terhadap penanggulangan stres guru sebesar 49,9% dan sisanya yaitu 50,1% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefesien regresi diperoleh Ŷ = 47,229 + 0,205X1+ 0,394X2artinya setiap peningkatan satu unit skor independen kepemimpinan kepala sekolah dan pengelolaan kepegawaian secara bersamaan mempengaruhi peningkatan skor penanggulangan stres guru sebesar 0,205+ 0,394 = 0,599.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238. Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:08
Last Modified: 08 Oct 2021 07:08
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item
View Item