repository ptiq

Pengaruh Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah dan Kompetensi Paedagogik Guru terhadap Produktivitas Mengajar Pada Sekolah Menengah Pertama Komisariat Parung Kabupaten Bogor

Kidam, Kidam (2018) Pengaruh Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah dan Kompetensi Paedagogik Guru terhadap Produktivitas Mengajar Pada Sekolah Menengah Pertama Komisariat Parung Kabupaten Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah dan Kompetensi Paedagogik Guru terhadap Produktivitas Mengajar Pada Sekolah Menengah Pertama Komisariat Parung Kabupaten Bogor] Text (Pengaruh Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah dan Kompetensi Paedagogik Guru terhadap Produktivitas Mengajar Pada Sekolah Menengah Pertama Komisariat Parung Kabupaten Bogor)
2018-KIDAM-2015.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empiric terkait pengaruh pemberdayaan guru oleh kepala sekolah dan kompetensi paedagogik guru terhadap produktivitas mengajar secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru-guru Sekolah Menengah Pertama se- Komisariat Parung Kab. Bogor. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 104 responden dari 140 populasi guru SMP se-Komisariat Parung Kabupaten Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemberdayaan guru oleh kepala sekolah terhadap produktivitas mengajar guru dengan koofisien korelasi (r) sebesar 0,740 dan koofisien determinasi (R2 ) sebesar 0,548. Arah pengaruh ditunjukan dengan persamaan regresi Ŷ = 44,716 + 0,677X1 dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin pemberdayaan guru oleh kepala sekolah (X1) akan diikuti kenaikan produktivitas mengajar (Y) sebesar 0,677 poin.
Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi paedagogik terhadap produktivitas mengajar dengan koofisien korelasi (r) sebesar 0,678 dan koofisien determinasi (R2 ) sebesar 0,459. Arah pengaruh ditunjukan dengan persamaan regresi Ŷ = 24,442 + 0,788X2 dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kompetensi paedagogik (X2) akan diikuti kenaikan produktivitas mengajar mengajar (Y) sebesar 0,788 poin.
Ketiga, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemberdayaan guru oleh kepala sekolah dan kompetensi paedagogik secara simultan terhadap produktivitas mengajar. Koofisien korelasi sebesar 0,791 sedangkan koofisien determinasi 62,5%. Persamaan regresi Ŷ = 14,791 + 0,476X1 + 0,413X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin pemberdayaan guru oleh kepala sekolah (X1) dan kompetensi paedagogik (X2) secara bersama-sama akan diikuti kenaikan produktivitas mengajar (y) sebesar 0,889 poin

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.12. Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 08 Oct 2021 08:53
Last Modified: 08 Oct 2021 08:53
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item
View Item