repository ptiq

Pengaruh Kehadiran Siswa pada Pelajaran PAI dan Lingkungan Belajar terhadap Kualitas Ibadah Siswa SMP Manba’ul Ulum Pondok Pesantren Ash-Shiddiqiyah

Mustofa, A. (2018) Pengaruh Kehadiran Siswa pada Pelajaran PAI dan Lingkungan Belajar terhadap Kualitas Ibadah Siswa SMP Manba’ul Ulum Pondok Pesantren Ash-Shiddiqiyah. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Kehadiran Siswa pada Pelajaran PAI dan Lingkungan Belajar terhadap Kualitas Ibadah Siswa SMP Manba’ul Ulum Pondok Pesantren Ash-Shiddiqiyah] Text (Pengaruh Kehadiran Siswa pada Pelajaran PAI dan Lingkungan Belajar terhadap Kualitas Ibadah Siswa SMP Manba’ul Ulum Pondok Pesantren Ash-Shiddiqiyah)
2018-A. MUSTOFA-2015.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empiric mengenai Pengaruh Kehadiran Siswa Pada Pelajaran PAI dan Pengaruh Lingkungan Belajar, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersamasama (simultan) terhadap Kualitas Ibadah Siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif pendekatan korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Multistage Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Manba’ul Ulum Pondok Pesantren Ash-Shiddiqiyah. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 45 responden dari total populasi 450 populasi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Adapun hasil penelitian yang didapat adalah sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan antara Kehadiran Siswa Pada Pelajaran PAI terhadap Kualitas Ibadah Siswa di SMP Manba’ul Ulum. Selanjutnya korelasi r = 0,025 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,001 yang berarti bahwa 0,1%. Arah pengaruh ditujukan dengan persamaan regresi : Ŷ Ŷ =120,315-1,166 X1, dapat diartikan bahwa setiap kenaikan 1 poin Kehadiran Siswa Pada Pelajaran PAI (X1) akan diikuti kenaikan Kualitas Ibadah Siswa (Y) sebesar 119,149 poin. Kedua, terdapat pengaruh positif yang tidak signifikansi antara Lingkungan Belajar terhadap Kualitas Ibadah Siswa di SMP Manba’ul Ulum. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,082 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2= 0,007 yang berarti bahwa 0,7 % Persamaan regresi : Ŷ=96,480+0,095X2, dapat diartikan bahwa setiap kenaikan 1 poin Lingkungan Belajar (X2) akan diikuti kenaikan Kualitas Ibadah Siswa (Y) sebesar 96,575 poin. Ketiga, terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan antara Kehadiran Siswa Pada Pelajaran PAI dan Lingkungan Belajar Terhadap Kualitas Ibadah Siswa SMP Manba’ul Ulum. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,159. Maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2= 0,025 yang berarti bahwa 2,5%. Persamaan regresi Y = 116,131 + (-0,155) X1 + 0,032 X2 dapat diartikan bahwa setiap kenaikan 1 poin Kehadiran Siswa Pada Pelajaran PAI (X1) dan Lingkungan Belajar (X2) secara bersama-sama akan diikuti dengan Kualitas Ibadah Siswa (Y) sebesar 26,447 poin

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.341. Pondok Pesantren
300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 10 Oct 2021 06:57
Last Modified: 10 Oct 2021 06:57
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item
View Item