repository ptiq

Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Agama Islam terhadap Pembelajaran Zakat dan Implementasinya di Madrasah Tsanawiyah Alkhairiyah Kp. Bahari, Jakarta Utara

Fadli, Amarul (2018) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Agama Islam terhadap Pembelajaran Zakat dan Implementasinya di Madrasah Tsanawiyah Alkhairiyah Kp. Bahari, Jakarta Utara. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Agama Islam terhadap Pembelajaran Zakat dan Implementasinya di Madrasah Tsanawiyah Alkhairiyah Kp. Bahari, Jakarta Utara] Text (Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Agama Islam terhadap Pembelajaran Zakat dan Implementasinya di Madrasah Tsanawiyah Alkhairiyah Kp. Bahari, Jakarta Utara)
2018-AMARUL FADLI-2016.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait latar belekang pendidikan guru pendidikan agama islam (PAI) terhadap pembelajaran zakat dan implementasinya di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Kp. Bahari. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khairiyah Kp. Bahari, Jakarta Utara. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 40 responden dari total 284 populasi siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khairiyah Kp. Bahari, Jakarta Utara pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket atau kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, pengaruh latar belakang pendidikan Guru Pendidikan Agama Islam dengan pembelajaran zakat, menyimpulkan bahwa latar belakang pendidikan Guru Pendidikan Agama Islam ini mempunyai korelasi yang signifikan terhadap pembelajaran zakat. Hal ini terlihat dari hubungan antar kedua variabel yang kuat sebesar 0,827 dan searah dimana pengaruh yang teramati sebesar 68,4%. Kedua, latar belakang pendidikan Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai hubungan yang kuat dengan implementasi zakat di Madrasah yaitu sebesar 0,817. Pengaruh langsung yang teramati sebesar 4,97% serta pengaruh tidak langsung yang teramati (melalui variabel pembelajaran zakat) sebesar 66,7%. Ketiga, pembelajaran zakat memiliki hubungan yang kuat dengan implementasi zakat yaitu sebesar 0,719 pengaruh langsung yang teramati sebesar 51,7%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.331. Madrasah Tsanawiyah
300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:41
Last Modified: 11 Oct 2021 02:41
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item
View Item