repository ptiq

Pengaruh Label Halal Pada Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Supermarket Tip Top Ciputat)

Mahdi, Akhmad (2017) Pengaruh Label Halal Pada Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Supermarket Tip Top Ciputat). Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of AKHMAD MAHDI 2013_compressed.pdf] Text
AKHMAD MAHDI 2013_compressed.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Mahdi, Akhmad. 2017. Pengaruh Label Halal Pada Produk Terhadap Keputusan

Pembelian (Studi Kasu Konsumen Supermarket TIP TOP Ciputat).

Kata Kunci: Label Halal Pada Produk, Keputusan Pembelian

Label halal merupakan output dari LPPOM MUI terhadap produk yang telah lulus proses sertifikasi halal. Label halal digunakan oleh produsen untuk menginformasikan kepada konsumen bahwa produknya adalah produk yang halal dan aman dikonsumsi oleh konsumen terutama konsumen muslim yang sangat memperhatikan kehalalan dan keharaman produk yang dikonsumsinya. Keputusan pembelian konsumen menurut para ahli ditentukan oleh beberapa faktor yang salah satunya ditentukan oleh budaya yang termasuk di dalamnya adalah agama. Perilaku konsumen muslim adalah selektif terhadap produk yang dikonsumsi, terutama dalam pertimbangan kehalalan. Karena, mengkonsumsi produk halal merupakan syariat yang wajib dijalankan oleh seorang muslim.

Penelitian ini dilakukan dan bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh label halal pada produk terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dijadikan objek adalah konsumen Supermaret TIP TOP Ciputat dengan sampel sebanyak 100. Pengambilan sampel tersebut berdasarkan pada teori convenience sampling dan quota sampling yang disampaikan oleh para ahli. Sedangkan, metode analisi data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dengan bantuan software SPSS versi 23.

Pada tabel persamaan garis regresi linear menggambarkan hubungan antara variabel X dengan Y, bahwa: Ŷ = 32,987 + 0,430 X. Artinya adalah setiap kenaikan ataupun penurunan nilai variabel X sebesar 1 satuan akan menaikkan ataupun menurunkan nilai variabel Y sebesar 0,430 dengan konstanta 32,987.

Hasil uji menunjukkan bahwa label halal pada produk memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Supermarket TIP TOP Ciputat, dengan nilai signifikansi korelasi sebesar 0,420 dan koefisien determinasi sebesar 17,64%. Sedangkan, sisanya (82,36%) merupakan pengaruh dari faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200. Agama > 2X6. Sosial dan Budaya Islam > 2X6.3. Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abdul Rosyid
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 18 Oct 2021 04:29
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item
View Item