repository ptiq

Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Di RA Annur Duri Kepa (Penelitian Tidakan Kelas Di RA An Nur, Jakarta Barat)

Daswati, Daswati (2019) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Di RA Annur Duri Kepa (Penelitian Tidakan Kelas Di RA An Nur, Jakarta Barat). Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of 2019-DASWATI-2015.pdf] Text
2019-DASWATI-2015.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Dengan adanya metode bernyanyi anak lebih suka atau lebih merasa penasaran, bila bernyanyi anak – anak termotivasi dalam belajarnya, Metode ini akan dapat berkolaborasi belajar dengan bermain bersama teman - temannya, orang tua, guru atau benda-benda sekitar, yang sekiranya dapat memberikan strategi dalam memotivasi belajar anak. Anak dapat pengembangan sosial lewat dari lingkungan yang berupa dorongan semangat atau motivasi dapat menumbuhkan perkembangan belajar anak.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah: “Untuk mengetahui upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi di RA An-Nur Duri Kepa, Jakarta Barat”.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan tahapan prasiklus, Dalam 1 siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Sebagai subjek penelitian anak usia 4-5 tahun sebanyak 15 anak, laki-laki berjumlah 6 anak dan perempuan 9 anak, dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019 / 2020 antara bulan Juli s/d September. Tehnik pengumpulan data dengan lembar observasi dan dokumentasi selama proses pembelajaran berjalan.
Hasil penelitian yang diperoleh pada tahapan prasiklus sebesar 55%, pada siklus ke I mengalami peningkatan sebesar 65%, kemudian peneliti melanjutkan dengan tahapan siklus II. Pada tahapan siklus II ini mengalami peningkatan menjadi 79%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar anak usia 4-5 tahun dapat meningkat dengan metode bernyanyi. Keberhasilan peningkatan penelitian ini dengan mempersiapkan lagu - lagu yang menarik, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Eri Anggraini
Date Deposited: 18 Oct 2021 09:00
Last Modified: 18 Oct 2021 09:00
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item
View Item