repository ptiq

Efektifitas Media Kotak Kartu Misteri Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 3- 4 Tahun Di Pendidikan Anak Usia Dini Nuun Kebon Jeruk ( Penelitian Tindakan Kelas di Paud Nuun Kelapa Dua Kebon Jeruk Jakarta Barat )

Husniyah, Husniyah (2019) Efektifitas Media Kotak Kartu Misteri Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 3- 4 Tahun Di Pendidikan Anak Usia Dini Nuun Kebon Jeruk ( Penelitian Tindakan Kelas di Paud Nuun Kelapa Dua Kebon Jeruk Jakarta Barat ). Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of 2019-HUSNIYAH-2015.pdf] Text
2019-HUSNIYAH-2015.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Husniyah (151320803) : Efektifitas Media Kotak Kartu Misteri Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun (Penelitian Tindakan Kelas Di Paud Nuun Kelapa Dua Kebon Jeruk Jakarta Barat).
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya factor memusatkan perhatian atau konsentrasi yang dimiliki oleh anak yang sejatinya anak senang bereksplorasi dengan daya keingintahuannya yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui media kotak kartu misteri (kokami). Penelitian ini dilakukan di Paud Nuun dengan subjek penelitian anak Kelompok Bermain yang berjumlah 13 anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi sebagai dasar untuk membuat perencanaan ulang pada siklus berikutnya.
Penelitian ini membuktikan bahwa melalui media kotak kartu misteri (kokami) dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun di Paud Nuun. Hal ini terbukti dari hasil akhir kegiatan penelitian yang menunjukkan peningkatan. Hasil observasi pra siklus memperoleh persentase 28,4%. Pada siklus I perkembangan kemampuan kognitifanak mengalami peningkatan, hasil observasi memperoleh persentase 44%, meskipun mengalami peningkatan sebesar 15%, anak belum mampu mencapai target yang diharapkan yaitu 83%, dan belum dikategorikan berhasil sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada observasi siklus II menunjukkan peningkatan yang baik. Hasil observasi mendapatkan persentase sebesar 62% meningkat sebesar18%, melihat kenaikan belum mencukupi target, maka peneliti melakukan silkus III. Terjadi peningkatan perkembangan kognitif anak pada siklus III sebesar 83%.
Manfaat penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam rangka peningkatan perkembangan kognitif melalui media kotak kartu misteri pada anak usia 3-4 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Eri Anggraini
Date Deposited: 18 Oct 2021 09:30
Last Modified: 19 Oct 2021 01:41
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item
View Item