repository ptiq

Penerapan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini (Penelitian Tindakan Kelas Di Tk Al Mustariyyah)

Rohmani, Ida (2019) Penerapan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini (Penelitian Tindakan Kelas Di Tk Al Mustariyyah). Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of 2019-IDA ROHMANI-2015.pdf] Text
2019-IDA ROHMANI-2015.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Ida Rohmani : Penerapan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini (Penelitian Tindakan Kelas di TK Al-Mustariyyah). Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta September 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas anak melalui media boneka jari, mendeskripsikan proses pembelajaran anak menggunakan media boneka jari, serta mendeskripsikan hasil karya penerapan media boneka jari yang dibuat para peserta didik dalam proses pembelajaran di TK Al-Mustariyyah Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yaitu anak kelas B TK Al-Mustariyyah yang berjumlah 16 anak.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berbahasa anak melalui kegiatan bercerita dengan media boneka jari, dimana pada kondisi awal indikator pertama yaitu siswa mampu memberi gagasan didapat hasil sebesar 22 atau 34% meningkat pada siklus I menjadi 42 atau 66% dan pada siklus II meningkat menjadi 59 atau 92%. Kemudian indikator kedua yaitu siswa mampu memberi gagasan pada keadaan awal didapat hasil sebesar 25 atau 39% meningkat pada siklus I menjadi 43 atau 67% dan pada siklus II meningkat menjadi 57 atau 89%. Indikator ketiga yaitu siswa mampu menciptakan sendiri tanpa bantuan pada keadaan awal didapat hasil sebesar 26 atau 41% meningkat pada siklus I menjadi 44 atau 69% dan pada siklus II meningkat menjadi 62 atau 97%. Indikator keempat yaitu siswa mampu menjawab pertanyaan sederhana pada keadaan awal didapat hasil sebesar 22 atau 34% meningkat pada siklus I menjadi 42 atau 66% dan pada siklus II meningkat menjadi 61 atau 95%. Dan indikator kelima yaitu siswa memiliki tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan pada keadaan awal didapat hasil sebesar 24 atau 38% meningkat pada siklus I menjadi 43 atau 67% dan pada siklus II meningkat menjadi 60 atau 64%. Dan dilihat dari hasil nilai rata-rata tiap siklus didapat pada keadaan awal rata-rata prosentase sebesar 37% dalam kategori kurang, pada siklus I naik menjadi 67% dan masih dalam kategori kurang, kemudian pada siklus II menjadi peningkatan menjadi 95% dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat dikatakan bahwa penggunaan media boneka jari untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dikatakan sangat baik dan berhasil..
Kata Kunci : media boneka jari, kreativitas .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Eri Anggraini
Date Deposited: 18 Oct 2021 09:34
Last Modified: 19 Oct 2021 01:40
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item
View Item