repository ptiq

Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Kegiatan Menggunting Dan Menempel Pada Anak Usia Dini Di RA An Nur Gunung Sahari Jakarta Pusat

Eliana, Ita (2019) Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Kegiatan Menggunting Dan Menempel Pada Anak Usia Dini Di RA An Nur Gunung Sahari Jakarta Pusat. Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of 2019-ITA ELIANA-2015.pdf] Text
2019-ITA ELIANA-2015.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Ita Eliana: Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Kegiatan Menggunting dan Menempel Pada Anak usia Dini Di RA AN NUR Jakarta Pusat. Skripsi jurusan Pendididkan Islam Anak Usia Dini, Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran ( PTIQ) Jakarta, 2019.
Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019-2020 semester I tepatnya awal Agustus 2019. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah murid kelompok A di RA AN NUR dengan mengambil sampel sebanyak 19 anak.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak terutama dalam menggunting dan menempel juga kemampuan dalam menulis pada anak usia 4- 5 tahun di RA AN NUR, karena dua hal ini sangat berkaitan sekali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 Siklus tindakan dan Pra tindakan , yaitu diawali dengan melakukan observasi untuk mengetahui kemampuan menulis dan motorik halus anak sebelum diberikan tindakan, agar nantinya bisa diketahui sejauh mana hasil dari tindakan yang kita lakukan pada masing-masing siklus.
Pada masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan untuk siklus I dan 4 pertemuan untuk siklus II. Untuk pra tindakan dilakukan pelaksanaan pembelajaran kegiatan menulis permulaan dan praktek cara memegang alat tulis serta kegiatan menggunting dan menempel bentuk tidak sesuai pola. Untuk siklus I selama 3 pertemuan dilakukan kegiatan pembelajaran menggunting dan menempel, dan untuk siklus II dilakukan pembelajaran kegiatan menulis permulaan.
Diakhir penelitian dikumpulkan data perkembangan anak dari pra tindakan, siklus I dan, siklus II dan disimpulkan bahwa kemampuan menulis anak mengalami peningkatan dilihat dari hasil prosentase. Begitupun dengan kemampuan motorik halus anak, sama meningkatnya dengan kemampuan menulisnya. Apabila kemampuan motorik halus anak semakin baik, maka perkembangan menulisnya pun juga akan terlihat baik Kegiatan menggunting dan menempel dapat menstimulasi kemampuan motorik halusnya dan juga meningkatkan kemampuan menulis anak-anak menjadi lebih lagi. Sehingga diharapkan ketika motorik halus anak sudah matang maka akan dengan mudah pula perkembangan kemampuan menulisnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Eri Anggraini
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:32
Last Modified: 19 Oct 2021 01:39
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item
View Item