repository ptiq

Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di TKQ Aisyah

Kholifah, Kholifah (2019) Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di TKQ Aisyah. Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of 2019-KHOLIFAH-2015.pdf] Text
2019-KHOLIFAH-2015.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kholifah, dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan kognitif anak usia dini (penelitian studi kasus dilakukan di TKQ Aisyah Kembangan, Jakarta Barat) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta.
Pada Tahap Praoperasional (2-7 tahun), anak mulai bisa melakukan sesuatu sebagai hasil meniru atau mengamati sesuatu model tingkah laku dan mampu melakukan simbolisasi. Dalam perkembangan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungannya, oleh sebab itu sangat bijak apabila kita dapat menciptakan suatu lingkungan yang baik untuk membantu perkembangan kognitif anak.
Penggunaan gadget dapat berdampak positif maupun negatif tergantung pemanfaatan yang digunakan anak didik serta perkembangan yang dimiliki anak dari perbedaan minat, kepribadian, keadaan jasmani, keadaan sosial termasuk kemampuan intelegensinya.
Pengetahuan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan kognitif anak usia dini serta bagaimana seharusnya peran pendidik dan orang tua dalam mendidik dan mendampingi anak dalam penggunaan gadget. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B1 usia 5-6 tahun TKQ Aisyah Kembangan, Jakarta Barat.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan penelitian studi kasus. Peneliti mengumpulkan data dengan mengobservasi dan wawancara secara langsung kepada kepala sekolah, guru, orang tua, serta anak didik tentang penggunaan gadget dalam keseharian yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak didik baik saat dirumah maupun disekolah.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak penggunaan gadget sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak tergantung pemanfaatan saat penggunaan gadget tersebut. Tentunya perlu dukungan semua pihak untuk dapat membimbing di sekolah maupun di rumah untuk menigkatkan perkembangan kognitif pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Eri Anggraini
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:34
Last Modified: 19 Oct 2021 01:38
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item
View Item