repository ptiq

Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TKQ B Darul Istiqomah Kebon Jeruk- Jakarta Barat)

Masamah, Masamah (2019) Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TKQ B Darul Istiqomah Kebon Jeruk- Jakarta Barat). Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of 2019-MASAMAH-2015.pdf] Text
2019-MASAMAH-2015.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya dalam pengenalan huruf hijaiyah yang disebabkan oleh pembelajaran yang monoton. Pengajar hanya menyebutkan huruf hijaiyah saja dan tidak dilengkapi dengan penggunaan metode, sehingga anak merasa bosan dan kurang termotivasi untuk menerapkan apa yang telah disampaikan. Untuk mengatasi digunakan metode bernyanyi.
Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan yaitu : Bagaimana penerapan metode bernyanyi untuk Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Alquran (TKQ) Darul Istiqomah Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat? Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tentang penerapan metode bernyanyi untuk Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Alquran (TKQ) Darul Istiqomah Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang melibatkan 1 orang guru sedangkan objek penelitiannya adalah pengenalan huruf hijaiyah melelui metode bernyanyi untuk Anak Usia Dini di Taman Kanak Kanak Alquran (TKQ) Darul Istiqomah Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi adalah sebagai berikut : (1)Menentukan lagu sesuai dengan tema, (2) Menggunakan nada lagu yang mudah dipahami dikalangan peserta didik, (3) Memperkenalkan lagu kepada peserta didik, (4) Menyanyikan lagu secara bersama-sama dengan gerak tubuh yang sesuai. Penelitian ini menggambarkan bahwa keempat cara dalam penerapan metode bernyanyi dalam pengenalan huruf hijaiyah pada Anak Usia Dini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam proses penerapan metode bernyanyi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi dalam pengenalan huruf hijaiyah dan kemampuan guru dalam mengajar meningkat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Eri Anggraini
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:58
Last Modified: 19 Oct 2021 01:58
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item
View Item