repository ptiq

Pengaruh Metode Tamyiz dan Disiplin Belajar terhadap Efektitivitas Pembelajaran Nahwu Sharaf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Qur’aniyyah Pondok Aren)

Latif, Abdul (2016) Pengaruh Metode Tamyiz dan Disiplin Belajar terhadap Efektitivitas Pembelajaran Nahwu Sharaf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Qur’aniyyah Pondok Aren). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Metode Tamyiz dan Disiplin Belajar terhadap Efektitivitas Pembelajaran Nahwu Sharaf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Qur’aniyyah Pondok Aren)] Text (Pengaruh Metode Tamyiz dan Disiplin Belajar terhadap Efektitivitas Pembelajaran Nahwu Sharaf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Qur’aniyyah Pondok Aren))
2016-ABDUL LATIF-2014.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Qur’aniyyah dengan jumlah populasi 120 orang dan sampel 30 orang. Adapun alat pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) untuk seluruh variabel. Adapun analisis datamenggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Adapun hasil penelitian ini meliputi: Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara metode tamyiz (X1) terhadap efektifitas pembelajaran nahwu sharaf (Y) di pondok pesantren Al Qur’aniyyah yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi Pearson correlation (ry1) adalah 0,236. yang berarti bahwa kekuatan metode tamyiz terhadap efektifitas pembelajaran nahwu sharaf adalah kuat dan searah (positif) dengan besarnya pengaruh yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,056, metode Tamyiz memberikan pengarruh terhadap efektivitas pembelajaran nahwu sharaf sebesar 5,6% sedangkan sisanya 94,4% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kedua,terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar (X2) terhadap efektifitas pembelajaran nahwu sharaf (Y) di pondok pesantren Al Qur’aniyyah pondok Aren Tangerang Selatan yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi Pearson correlation (ry1) adalah 0,710 yang berarti bahwa kekuatan pengaruh disiplin belajar terhadap efektifitas pembelajaran nahwu sharaf adalah kuat dan searah (positif) dengan besarnya pengaruh yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,504, dengan kesimpulan bahwa disipplin belajar berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran nahwu sharaf sebesar 50,4% sedangkan sisanya 49,6% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara metode tamyiz dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap efektivitas pembelajaran nahwu sharaf yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi Pearson correlation (ry1) adalah 0,721yang berarti bahwa kekuatan pengaruh metode tamyiz terhadap efektifitas pembelajatran nahwu sharaf adalah kuat dan searah (positif) dengan besarnya pengaruh yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,520 dengan kesimpulan bahwa disiplin belajar memberikan pengaruh terhadap efektifitas pembelajaran nahwu sharaf sebesar 52,00% sedangkan sisanya 48% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.341. Pondok Pesantren
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 19 Oct 2021 09:12
Last Modified: 19 Oct 2021 09:12
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item
View Item