repository ptiq

Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan di Yayasan Pendidikan Al-Ma’mun Education Center (Amec) Depok

Agus, Agus (2016) Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan di Yayasan Pendidikan Al-Ma’mun Education Center (Amec) Depok. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan di Yayasan Pendidikan Al-Ma’mun Education Center (Amec) Depok] Text (Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan di Yayasan Pendidikan Al-Ma’mun Education Center (Amec) Depok)
2016-AGUS-2011.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh dari Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan? (2) Apakah ada pengaruh dari Kinerja Guru terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan? (3) Apakah ada pengaruh dari Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan di sekolah Yayasan Al-Ma’mun Education Center (AMEC), sehingga tujuan dari penelitian adalah untuk menjawab pertanyaan dari penelitian tersebut. Adapun responden pada penelitian ini adalah guru yang bekerja di Yayaysan Al-ma’mun Education Center (AMEC) Depok yaitu sebanyak 36 Orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner untuk data primer penelitian dan metode survei data untuk data sekunder. Teknik analisis yang digunakan terdiri dari uji persyaratan analisis dan analisis regresi dan korelasi yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari setiap variabel bebas terhadap variabel terikat penelitian, dimana pada operasional analisisnya digunakan bantuan dari program SPSS for Windows 22.00. Hasil analisis regresi diketahui terdapat pengaruh yang positif dari Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan. Pengaruh dari Kinerja Guru terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan. Secara bersama-sama, kedua variabel terbukti berpengaruh terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan dan hal ini mengindikasikan bahwa kontribusi kedua variabel terhadap perubahan yang dialami variabel mutu pelayanan pendidikan dalam tingkatan tinggi. Hasil-hasil tersebut mengindikasikan bahwa setiap hipotesis yang diajukan dapat diterima, dimana baik secara parsial maupun secara simultan kedua variabel bebas yaitu Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru berpengaruh secara positif terhadap variabel Mutu Pelayanan Pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian, untuk dapat meningkatkan Mutu Pelayanan Pendidikan, maka peningkatan terhadap Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja Guru perlu ditingkatkan terlebih dahulu. Prioritas utama dalam peningkatan mutu pelayanan sekolah adalah pada Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah itu sendiri karena variabel ini terbukti memiliki pengaruh positif, namun tidak terlalu kuat atau masih kurang terhadap mutu pelayanan pendidikan. Sedangkan kinerja guru berpengaruh positif dan kuat terhadap mutu pelayanan pendidikan di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 297. Islam > 297.07. Pendidikan Islam, Penelitian Islam, dan Topik yang berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 19 Oct 2021 09:35
Last Modified: 19 Oct 2021 09:35
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item
View Item