repository ptiq

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru (Studi Kasus Pada SMP Se-Kecamatan Cinere Kota Depok)

Mahatir, Ahdiat (2016) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru (Studi Kasus Pada SMP Se-Kecamatan Cinere Kota Depok). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru (Studi Kasus Pada SMP Se-Kecamatan Cinere Kota Depok)] Text (Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru (Studi Kasus Pada SMP Se-Kecamatan Cinere Kota Depok))
2016-AHDIAT MAHATIR W-2013.pdf - Accepted Version

Download (925kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empiric terkait pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah dan kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja guru. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru-guru dari SMP se Kecamatan Cinere Bogor. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 160 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, Terdapat yang pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kepuasan kerja guru dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,713 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 61,2 %. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 52,670 + 0,416X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) akan diikuti kenaikkan kepuasan kerja guru (Y) sebesar 0,416 poin. Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signfikan kecerdasan emosional dengan koefisien korelasi (r) terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,607 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 45,5 %. Persamaan regresi Ŷ = 20,403 + 0,644X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kecerdasan emosional (X2) akan diikuti dengan kenaikkan kepuasan kerja guru (Y) sebesar 0,644 poin. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan Kepala Sekolah dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru. Koefisien korelasi sebesar 0,605 sedangkan koefisien determinasi sebesar 50,7%. Persamaan regresi regresi Ŷ = 21,663 + 0,037X1 + 0,487X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kepemimpinan Kepala Sekolah dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,894 poin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 20 Oct 2021 03:50
Last Modified: 20 Oct 2021 03:50
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item
View Item