repository ptiq

Pengaruh Sikap dan Perilaku Relegius dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMK Negeri 28 Jakarta

Arfandi, Budi (2016) Pengaruh Sikap dan Perilaku Relegius dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMK Negeri 28 Jakarta. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Sikap dan Perilaku Relegius dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMK Negeri 28 Jakarta] Text (Pengaruh Sikap dan Perilaku Relegius dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMK Negeri 28 Jakarta)
2016-BUDI ARFANDI-2012.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh informasi mengenai Pengaruh Sikap dan Perilaku Relegius dengan Motivasi Belajar Pedidikan Agama Islam Siswa SMK Negeri 28 Jakarta. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasi dengan uji hipotesis komparatif numeric tidak berpasangan, sample yang sesuai dengan kriteria inklusi sebanyak 258 peserta didik. Tehnik analisis menggunakan analisis deskriptif, bivariate dan uji regresi linear. Pertama terdapat pengaruh antara sikap (X1) dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (Y) dengan persamaan regresi Y = 70.399 + 0.176 (X1) dan koefesien korelasi (ry1) sebesar 0.257 signifikan pada taraf a = 5% serta Kontribusi (r2 y1) = 066. Kedua terdapat pengaruh antara sikap (X2) dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (Y) dengan persamaan regresi Y = 68.492 + 0.183 (X2) dan koefesien korelasi (ry1) sebesar 0244 signifikan pada taraf a = 5% serta Kontribusi (r2 y1) = 059 Ketiga terdapat pengaruh antara sikap (X1) dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (Y) dengan persamaan regresi Y = 63.666 + 0.176 (X1) + 0.183 (X2). dan koefesien korelasi (ry1) sebesar 0.257 signifikan pada taraf a = 5% serta Kontribusi (r2 y1) = 0.244. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap dan perilaku religius pada peserta didik merupakan dasar yang kuat untuk memacu semangat belajar dan peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang tinggi akan berdampak positif pada peserta didik yang lain. Oleh karena itu, diharapkan penelitian ini bisa memberikan masukan untuk Guru di SMK Negeri 28 Jakarta dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang lebih baik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238. Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 20 Oct 2021 04:40
Last Modified: 20 Oct 2021 04:40
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item
View Item