repository ptiq

Pendidikan Berbasis Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Thariq Bin Ziyad Bekasi

Dimyat, Dimyat (2016) Pendidikan Berbasis Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Thariq Bin Ziyad Bekasi. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pendidikan Berbasis Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Thariq Bin Ziyad Bekasi] Text (Pendidikan Berbasis Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Thariq Bin Ziyad Bekasi)
2016-DIMYAT-2014.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Hal menarik dalam penelitian ini adalah, Pendidikan Berbasis Al-Qur’an ternyata sudah berjalan sejak zaman dahulu, mulai zaman sebelum Indonesia merdeka sampai sekarang seperti yang telah dilakukan oleh organisasi Islam Muhammadiyah, NU, Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di Indonesia dan Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Thariq Bin Ziyad Bekasi yang menjadi tempat dari penelitian penulis. Dalam tesis ini penulis menyebutkan tujuh tahapan Pendidikan Berbasis Al-Qur’an berdasarkan kesimpulan pendapat para tokoh yaitu mulai dari mengimani Al-Qur’an (Al-Imanu), mendengarkannya (As-Sami’u), membacanya (At-Tilawatu), memahaminya (Al-Fahmu), menghafalkannya (Al-Hifdzu), mengamalkannya (Al-Amalu) dan mendakwahkannya (Ad-Dakwatu). Sedangakan di LPIT Thariq Bin Ziyad mengelompokkannya menjadi empat tahap Pendidikan Berbasis Al-Qur’an yaitu Tahsin (membaguskan bacaan), Tahfidz (menghafal), Tafhim (memahami) dan Tanfidz (mengamalkan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode kualitatif dengan perolehan data melalui wawancara mendalam, pengumpulan dokumen, observasi terlibat, dan diskusi kelompok (FGD), dengan mengacu kepada pendapat Miles dan Huberman, yaitu tiga tahap analisis data; kodifikasi, penyajian dan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 297. Islam > 297.07. Pendidikan Islam, Penelitian Islam, dan Topik yang berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 20 Oct 2021 05:12
Last Modified: 20 Oct 2021 05:12
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item
View Item