repository ptiq

Pengaruh Kreativitas Guru dan Manajemen Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMPIT Global Insani Islamic School Bekasi

Ernawati, Ernawati (2016) Pengaruh Kreativitas Guru dan Manajemen Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMPIT Global Insani Islamic School Bekasi. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Kreativitas Guru dan Manajemen Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMPIT Global Insani Islamic School Bekasi] Text (Pengaruh Kreativitas Guru dan Manajemen Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMPIT Global Insani Islamic School Bekasi)
2016-ERNAWATI-2014.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran penting yang dilaksanakan oleh guru PAI untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional yang terdiri atas tiga variabel, yaitu kreativitas guru (X1) dan manajemen kelas (X2) sebagai variabel bebas, dan prestasi belajar siswa (Y) sebagai variabel terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kreativitas guru dan manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa, baik secara terpisah maupun secara bersama-sama. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMPIT Global Insani Islamic School Bekasi, dengan jumlah populasi 178 siswa. Adapun cara penarikan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik Probability Sampling. Instrument dalam pengumpulan data pada dua variabel bebas dengan menggunakan kuisioner (angket). Dan teknik analisis data hasil penelitian dengan menggunakan Software SPSS statistik regresi dan korelasi. Hasil penelitian ini secara umum yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas guru dan manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa. Adapun kesimpulan khusus tersebut secara rinci adalah sebagai berikut: Berdasarkan analisis data yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa Pertama: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas guru terhadap prestasi belajar dengan koefisien korelasi (ryx1) adalah 0,633 dan koefisien determinasi R2(R square) = 0,400, yang berarti bahwa kreativitas guru terhadap prestasi belajar sebesar 40,0 % dan sisanya yaitu 60 % ditentukan oleh faktor lainnya. Adapun arah persamaan regresi (unstandardized coefficients B) Ŷ = 15,524 + 0,544 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kreativitas guru akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi belajar sebesar 0,544., (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan manajemen kelas terhadap prestasi belajar dengan koefisien korelasi (ryx1) adalah 0,611 dan koefisien determinasi R2(R square) = 0,374, yang berarti bahwa manajemen kelas terhadap prestasi belajar sebesar 37,4 % dan sisanya yaitu 62,6 % ditentukan oleh faktor lainnya. Adapun arah persamaan regresi (unstandardized coefficients B) Ŷ = 18,618 + 0,529 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor manajemen kelas akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi belajar sebesar 0,529., (3)Terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas guru dan manajemen kelas secara bersama-sama terhadap prestasi belajar dengan koefisien korelasi (ryx1) adalah 0,611 dan (ryx2) adalah 0,814 dengan koefisien determinasi R2(R square) = 0,428, yang berarti bahwa kreativitas guru dan manajemen kelas terhadap prestasi belajar sebesar 42,8 % dan sisanya yaitu 57,2 % ditentukan oleh faktor lainnya. Adapun arah persamaan regresi (unstandardized coefficients B), Ŷ = 10,825 + 0,344 X1+ 0,247, X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kreativitas guru dan manajemen kelas akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi belajar sebesar 0,591.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 21 Oct 2021 05:09
Last Modified: 21 Oct 2021 05:09
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item
View Item