repository ptiq

Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Pola Asuh Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Anak (Studi Kasus Pada Siswa Siswi Ma Islamiyah Ciputat)

Fatmawati, Kiki (2016) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Pola Asuh Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Anak (Studi Kasus Pada Siswa Siswi Ma Islamiyah Ciputat). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Pola Asuh Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Anak (Studi Kasus Pada Siswa Siswi Ma Islamiyah Ciputat)] Text (Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Pola Asuh Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Anak (Studi Kasus Pada Siswa Siswi Ma Islamiyah Ciputat))
2016-KIKI FATMAWATI-2014.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empiric terkait pengaruh Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Pola Asuh Keluarga terhadap prestasi belajar anak secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa siswi MA Islamiyah Ciputat. Populasi dalam Penelitian ini adalah sebanyak 126 responden tahun ajaran 2016-2017. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi interpersonal teradap prestasi belajar anak dengan koefisien korelasi (r)sebesar 0,630 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 38,7 %. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 2,227 + 0,708X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin komunikasi interpersonal (X1) akan diikuti kenaikkan prestasi beljar anak (Y) sebesar 0,708 poin. Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signfikan pola asuh keluarga terhadap prestasi belajar anak dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,572 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 42,8 %. Persamaan regresi Ŷ = 9,495 + 0,597X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin pola asuh keluarga (X2) akan diikuti dengan kenaikkan prestasi belajar anak (Y) sebesar 0,597 poin. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Pola Asuh Keluargasecara simultan terhadap prestasi belajar anak. Koefisien korelasi sebesar 0,770 sedangkan koefisien determinasi sebesar 59,2 %. Persamaan regresi regresi Ŷ = 23,889 + 0,593X1 + 0,472X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 komnikasi interpersonal(X1) dan pola asuh keluarga (X2) secara bersama-sama akan diikuti kenaikkan prestasi belajar anak (Y) sebesar 1,065 poin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.332. Madrasah Aliyah
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:33
Last Modified: 22 Oct 2021 06:33
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item
View Item