repository ptiq

Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Dharma Pertiwi

Ali, Muhamad (2016) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Dharma Pertiwi. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Dharma Pertiwi] Text (Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Dharma Pertiwi)
2016-MUHAMAD ALI-2013.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empiric mengenai pengaruh latar belakang pendidikan dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu Siswa SMP Dharma Pertiwi Depok. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII sebanyak 135 responden siswa SMP Dharma Pertiwi dari total 224 populasi pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah :
Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa di SMP Dharma Pertiwi kota Depok dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,220 dan koefisien determinasi (R2) 14,8 %. Persamaan regresi = 74,282 + 0,074 X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin latar belakang pendidikan orang tua (X1) akan diikuti peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa (Y) sebesar 0,074 poin.
Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signfikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,245 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 6,0 %. Bentuk pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi = 71,480 + 0,07 X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin perhatian orang tua (X2) akan diikuti peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa (Y) sebesar 0,078 poin.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua dan perhatian orang tua secara bersama-sama (simultan) dengan prestasi belajar siswa di SMP Dharma Pertiwi Depok. Koefisien korelasi sebesar 0,331 sedangkan koefisien determinasi sebesar 11%. Bentuk pengaruh ditunjukkan oleh persamaan regresi = 65,619 + 0,075 X1 + 0,078 X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin latar belakang orang tua (X1) dan perhatian orang tua (X2) secara bersama-sama akan diikuti peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa (Y) sebesar 0,153 poin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 23 Oct 2021 10:28
Last Modified: 23 Oct 2021 10:28
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item
View Item