repository ptiq

Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMPIT Rahmaniyah Bogor

Ichsan, Muhammad (2016) Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMPIT Rahmaniyah Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMPIT Rahmaniyah Bogor] Text (Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMPIT Rahmaniyah Bogor)
2016-MUHAMMAD ICHSAN-2014.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dengan menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Rahmaniyah Bogor dengan jumlah 191 siswa, jumlah sampel diambil 129 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik simple purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket.
Hasilnya menyatakan prestasi belajar PAI di SMPIT Rahmaniyah Bogor berada pada taraf cukup baik yaitu 79.84%, lingkungan pondok pesantren di SMPIT Rahmaniyah Bogor berada pada taraf cukup baik yaitu 77,035 %, kecerdasan emosional di SMPIT Rahmaniyah Bogor berada pada taraf cukup tinggi yaitu 77,34 %. Terdapat pengaruh yang positif walaupun sangat lemah lingkungan pondok pesantren terhadap hasil prestasi belajar PAI dengan koefisien korelasi 0,056 dengan pengaruh sebesar 3%, dan arah pengaruh Ŷ = 84.405 + 0,030 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor lingkungan pesantren akan mempengaruhi peningkatan skor hasil prestasi belajar PAI sebesar 0,030.
Terdapat pengaruh yang positif walaupun sangat lemah kecerdasan emosional terhadap hasil prestasi belajar PAI dengan koefisien korelasi 0,063 dengan pengaruh sebesar 4%. dan arah pengaruh Ŷ = 85.245+0,035 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kecerdasan emosional akan mempengaruhi peningkatan skor hasil prestasi belajar PAI sebesar 0,035.
Terdapat pengaruh yang positif walaupun sangat lemah lingkungan pondok pesantren dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap hasil prestasi belajar PAI dengan koefisien korelasi 0,072 dengan pengaruh sebesar 5% dan arah pengaruh Ŷ = 85.973 + 0,112 (X1) + 0,151 (X2) yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor lingkungan pondok pesantren dan kecerdasan emosional akan mempengaruhi peningkatan skor hasil prestasi belajar PAI sebesar 0,263.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 24 Oct 2021 07:46
Last Modified: 24 Oct 2021 07:46
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item
View Item