repository ptiq

Pengaruh Manajemen Kelas Dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Study Pada Pelajaran PAI Kelas VII Di SMP Islam Nw Jakarta)

Yani, Muhammad (2016) Pengaruh Manajemen Kelas Dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Study Pada Pelajaran PAI Kelas VII Di SMP Islam Nw Jakarta). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Manajemen Kelas Dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Study Pada Pelajaran PAI Kelas VII Di SMP Islam Nw Jakarta)] Text (Pengaruh Manajemen Kelas Dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Study Pada Pelajaran PAI Kelas VII Di SMP Islam Nw Jakarta))
2016-MUHAMMAD YANI-2013.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empiric terkait pengaruh manajemen kelas dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru-guru Madrasah Aliyah (MA) se-Kota Bima NTB. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 75 responden dari total 256 populasi siswa SMP Islam NW Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2015-2016. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, Terdapat yang pengaruh yang positif dan manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,698 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 48,7 %. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 53,678 + 0,537X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin manajemen kelas (X1) akan diikuti kenaikkan prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0,537 poin. Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signfikan kompetensi guru dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,702 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 49,3 %. Persamaan regresi Ŷ = 25,680 + 0,748X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kompetensi guru (X2) akan diikuti dengan kenaikkan prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0,748 poin. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan manajemen kelas dan kompetensi guru secara simultan terhadap prestasi belajar siswa. Koefisien korelasi sebesar 0,756 sedangkan koefisien determinasi sebesar 57,2%. Persamaan regresi regresi Ŷ = 27,528 + 0,309X1 + 0,443X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin manajemen kelas (X1) dan kompetensi guru (X2) secara bersama-sama akan diikuti kenaikkan prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0,752 poin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 24 Oct 2021 11:25
Last Modified: 24 Oct 2021 11:25
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item
View Item