repository ptiq

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Disiplin Kerja Guru Di Madrasah Iibtidaiyah Pembangunan UIN Jakarta

Hidayah, Nur (2016) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Disiplin Kerja Guru Di Madrasah Iibtidaiyah Pembangunan UIN Jakarta. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Disiplin Kerja Guru Di Madrasah Iibtidaiyah Pembangunan UIN Jakarta] Text (Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Disiplin Kerja Guru Di Madrasah Iibtidaiyah Pembangunan UIN Jakarta)
2016-NUR HIDAYAT-2013.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dengan pendekatan korelasional dengan melibatkan seluruh guru MI Pembangunan UIN Jakarta sebanyak 87 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi menggunakan angket dan kuesioner, wawancara, dan studi dokumenter. Analisis data menggunakan analisis korelasional dengan dengan teknik korelasi rumus Product Moment . Hasil pengujian hipotesis sebagai berikut :
Pertama, Terdapat pengaruh positif dan cukup signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah dengan disiplin kerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0.361 dan koefisien regresi sebesar 0.286. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya arah persamaan regresi sederhana Ŷ =108.643 + 0.286 X1. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi (R2 ) = 0.130, yang berarti bahwa kepemimpinan kepala madrasah memberikan pengaruh terhadap disiplin kerja guru sebesar 13% dan 87% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional guru terhadap disiplin kerja guru, hal ini dibuktikan dengan adanya koefisien korelasi sebesar (ry2) sebesar 0.705 dan koefisien regresi (R) 0.517, hal ini juga dibuktikan dengan adanya arah persamaan regresi Ŷ = 85.567 + 0. 517 X2. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi (R2 ) = 0.497, yang berarti bahwa kecerdasan emosional guru memberikan pengaruh terhadap disiplin kerja guru sebesar 49.7% dan sisanya ditentukan faktor lain.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala madrasah dan kecerdasan emosional guru secara bersama-sama terhadap disiplin kerja guru hal ini bisa dilihat dari koefisien korelasi ganda sebesar 0.728 dan koefisien regresi (R) sebesar 0.632 hal ini juga dibuktikan dengan adanya arah persamaan regresi Ŷ = 65.758 + 0.151X1 + 0.481X2. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi (R2 ) = 0. 0.530, yang berarti bahwa kepemimpinan kepala madrasah dan disiplin kerja guru secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap disiplin kerja guru sebesar 53% dan sisanya ditentukan faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:53
Last Modified: 25 Oct 2021 02:53
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item
View Item