repository ptiq

Pengaruh Budaya Menghafal Al-Qur’an Dan Profesionalisme Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Korelasi Terhadap Siswa SD Daarul Qur’an Kota Tangerang)

Nurrohman, Nurrohman (2016) Pengaruh Budaya Menghafal Al-Qur’an Dan Profesionalisme Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Korelasi Terhadap Siswa SD Daarul Qur’an Kota Tangerang). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Budaya Menghafal Al-Qur’an Dan Profesionalisme Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Korelasi Terhadap Siswa SD Daarul Qur’an Kota Tangerang)] Text (Pengaruh Budaya Menghafal Al-Qur’an Dan Profesionalisme Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Korelasi Terhadap Siswa SD Daarul Qur’an Kota Tangerang))
2016-NURROHMAN-2011.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian diatas merupakan studi Korelasi pada budaya menghafal Al-Qur’an dan profesionalisme kinerja guru terhadap hasil belajar siswa di lingkungan Sekolah Dasar Daarul Qur’an Kota Tangerang. Penelitian ini Membahas tentang : 1. Pengaruh budaya menghafal Al- Qur’an terhadap hasil belajar siswa, 2. Pengaruh profesionalisme kinerja guru terhadap hasil belajar siswa, 3. Pengarug budaya menghafal Al-Qur’an dan profesionalisme kinerja guru terhadap hasil belajar siswa di SD Daarul Qur’an. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Daarul Qur’an Kota Tangerang sejak tanggal 5 desember 2015 sampai dengan Juni 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library research dan field research. Hasil pengujian model pengukuran dan struktural sekaligus menunjukkan bahwa seluruh indikator dari masing-masing variabel penelitian signifikan (tvalue>1.96). Demikian pula hubungan antara variabel penelitian X1 dengan Y1 signifikan pada α=1% dengan t-value=15.61 dan hubungan antara variable penelitian X2 dengan Y1 signifikan pada α=1% dengan t-value=11.11 Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan pengaruh simultan budaya menghafal dan profesionalisme kinerja guru terhadap hasil belajar siswa positif R2=0.86. Dari hasil perhitungan analisis tersebut dapat diasumsikan bahwa budaya menghafal Al-Qur’an dan profesionalisme kinerja guru dapat menjadikan hasil belajar siswa yang bagus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:45
Last Modified: 25 Oct 2021 04:45
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item
View Item