repository ptiq

Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Bimbingan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Rodiyanah, Yana (2016) Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Bimbingan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Bimbingan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa] Text (Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Bimbingan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa)
2016-YANA RODIYANAH-2013.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Program Pascasarjana (S-2) Institut PTIQ Jakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empirik mengenai pengaruh perhatian orang tua dan bimbingan guru, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa SDI Al Azhar 15 Pamulang. Hipotesis penelitian ialah (1) Terdapat pengaruh yang erat dan signifikan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa SDI Al Azhar 15 Pamulang (2) Terdapat pengaruh yang erat dan signifikan bimbingan guru terhadap motivasi belajar siswa SDI Al Azhar 15 Pamulang.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang di laksanakan di SDI Al Azhar 15 Pamulang dengan melibatkan siswa kelas empat, lima dan enam. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumenter. Analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment. Hasil pengujian hipotesis sebagai berikut:
Pertama, terdapat pengaruh positif dan sedang antara Perhatian Orang Tua dengan motivasi belajar siswa SDI Al Azhar 15 Pamulang. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,175 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,031 yang berarti bahwa 0,31 % variansi motivasi belajar siswa SDI Al Azhar 15 Pamulang melalui persamaan regresi : Ŷ = 85.926 + 0.219 X1 yang signifikan pada taraf alpha 0,05.
Kedua, terdapat pengaruh positif dan sedang antara bimbingan guru dengan motivasi belajar siswa SDI Al Azhar 15 Pamulang. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,062 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,004 yang berarti bahwa 0,04 % variansi motivasi belajar siswa SDI Al Azhar 15 Pamulang dapat di pengaruhi oleh bimbingan guru melalui persamaan regresi : Ŷ = 124.648 + 0.098 X2 yang signifikan pada taraf alpha 0,05.
Ketiga, terdapat Pengaruh positif dan sedang antara perhatian orang tua dan bimbingan guru terhadap motivasi belajar siswa SDI Al Azhar 15 Pamulang. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,195 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2= 0,038 yang berarti bahwa 0,38 % variansi motivasi belajar siswa SDI Al Azhar 15 Pamulang dapat dihubungkan oleh perhatian orang tua dan bimbingan guru melalui persamaan regresi : Ŷ = 101.279 + 0,235 X1 + 0,140 X2 yang signifikan pada taraf alpha 0,05. Temuan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif bagi perhatian orang tua dan bimbingan guru terhadap motivasi belajar siswa SDI Al Azhar 15 Pamulang pada generasi yang ada dan generasi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 26 Oct 2021 05:49
Last Modified: 26 Oct 2021 05:49
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item
View Item