repository ptiq

Manajemen Mutu Pendidikan Al-Qur’an Metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi

Tarmizi, Achmad (2021) Manajemen Mutu Pendidikan Al-Qur’an Metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Manajemen Mutu Pendidikan Al-Qur’an Metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi] Text (Manajemen Mutu Pendidikan Al-Qur’an Metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi)
2021-ACHMAD TARMIZI-2017.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan pola manajemen mutu pendidikan Al-Qur’an metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi. SDIT Nur Hikmah Bekasi sebagai salah satu sekolah model pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi mengimplementasikan manajemen berbasis mutu pendidikan Al-Qur’an dengan Metode Ummi melalui program pendidikan Al-Qur’an untuk meluluskan peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan hafal minimal juz 30.
Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif kualitatif, penulis langsung mengamati kegiatan pembelajaran Al-Qur'an di SDIT Nur Hikmah Bekasi, serta mengamati secara langsung fenomena atau peristiwa yang juga didukung dengan dokumen-dokumen kegiatan yang telah di program baik berupa data maupun arsip-arsip.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Mutu Pendidikan Al-Qur’an Metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi terdiri dari: a) Fokus pada kostumer dengan cara menjaga hubungan dengan wali murid melalui kegiatan pertemuan wali murid dengan guru dan pimpinan sekolah di awal tahun pelajaran, memberikan progress report harian mengaji siswa, buku penghubung, komunikasi dengan orangtua murid yang belum mencapai target, program pengayaan bagi anak berprestasi dalam bidang Al-Qur’an, kunjungan ke rumah siswa (Home Visiting), pembentukan komite sekolah dan halaqah Al-Qur’an bagi orangtua murid, b) Keterlibatan total stakeholder sekolah melalui standarisasi kompetensi tilawah dan hafalan guru dan staf administrasi sekolah, pembinaan berkala peningkatan kualitas bacaan dan hafalan guru, pemberian teladan, c) Pengukuran mutu lulusan dengan quality Assurance, pengukuran perencanaan dan proses manajemen mutu melalui supervisi mutu pendidikan Al-Qur’an metode Ummi, pengukuran mutu guru melalui instrumen raport guru untuk menilai kinerja guru, d) Komitmen pada 3 kekuatan mutu metode Ummi yaitu: metode bermutu, guru bermutu dan sistem berbasis mutu, e) Perbaikan berkelanjutan dengan memfokuskan visi SDIT Nur Hikmah Bekasi pada pembentukan bacaan dan hafalan Al-qur’an peserta didik, perbaikan kemampuan bacaan dan hafalan guru, Implementasi 7 Program Dasar Metode Ummi yaitu tashih, tahsin, sertifikasi, coach, supervisi, munaqosyah dan khotaman.
Hasil penelitian ini juga menunjukan Penerapan sistem mutu pendidikan Al-Qur'an metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi memiliki implikasi pada peningkatan kemampuan belajar Al-Qur'an siswa secara berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 19 Nov 2021 05:26
Last Modified: 19 Nov 2021 05:26
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item
View Item