repository ptiq

Hubungan Toleransi Beragama dan Pemahaman Multikulturalisme terhadap Karakter Siswa di SMA Al Ashriyyah Nurul Iman Parung Kabupaten Bogor

Apudin, Apudin (2021) Hubungan Toleransi Beragama dan Pemahaman Multikulturalisme terhadap Karakter Siswa di SMA Al Ashriyyah Nurul Iman Parung Kabupaten Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Hubungan Toleransi Beragama dan Pemahaman Multikulturalisme terhadap Karakter Siswa di SMA Al Ashriyyah Nurul Iman Parung Kabupaten Bogor] Text (Hubungan Toleransi Beragama dan Pemahaman Multikulturalisme terhadap Karakter Siswa di SMA Al Ashriyyah Nurul Iman Parung Kabupaten Bogor)
2021-APUDIN-2017.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait hubungan toleransi beragama dan pemahaman multikulturalisme dengan karakter siswa secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional berupa teknik cluster rondom sampling terhadap data- data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa di Sma Al Ashriyyah Nurul Iman Parung Kabupaten Bogor. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 104 responden dari total populasi 140 siswa Sma Al Ashriyyah Nurul Iman Parung Kabupaten Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survai dan kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasional dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Terdapat hubungan positif dan signifikan antara toleransi beragama terhadap karakter siswa dengan koefisien korelasi sederhana Pearson correlation (ρy1) adalah 0,714 (korelasi kuat), dan nilai signifikansi adalah nilai sig 0,000 < 0,05, dengan besarnya kontribusi toleransi beragama terhadap karakter siswa (Y) sebesar 51% dan arah hubungannya menunjukkan persamaan regresi linier sederhana yaitu Ŷ = 39.488 + 0,654 X1 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor toleransi beragama akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan skor karakter siswa sebesar 40,142 Kedua, Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemahaman multikulturalisme terhadap karaker siswa dengan koefisien korelasi sederhana Pearson correlation (ρy2) adalah 0,560 (korelasi kuat), dan nilai signifikansi adalah nilai sig 0,000 < 0,05, dengan besarnya kontribusi pemahaman multikulturalisme terhadap karakter siswa (Y) sebesar 31,4% dan arah hubungannya menunjukkan persamaan regresi linier sederhana yaitu Ŷ = 50.787 + 0.543 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor pemahaman multikulturalisme akan memberikan kontribusi terhadap karakter siswa sebesar 51,33 Ketiga, Terdapat hubungan positif dan kuat serta signifikan antara toleransi beragama (X1) dan pemahaman multikulturalisme (X2) secara bersama-sama terhadap karakter siswa (Y), dengan koefisien korelasi sederhana Pearson correlation (Ry1.2) adalah 0,746 (korelasi kuat), dan nilai signifikansi adalah nilai sig 0,000 < 0,05, dengan besarnya kontribusi toleransi beragama dan pemahaman multikulturalisme secara bersama-sama terhadap karakter siswa (Y) sebesar 55.6% dan arah hubungannya menunjukkan persamaan regresi linier berganda yaitu Ŷ = 50,787 + 0,654X1 + 0.543X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor toleransi bergama dan pemahaman multikulturalisme secara bersama-sama, akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan skorkarakter siswa sebesar 51,984

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238. Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 18 Dec 2021 02:44
Last Modified: 18 Dec 2021 02:44
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item
View Item