repository ptiq

Pengaruh Tanggung Jawab Orang Tua dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an terhadap Akhlak Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Minhaj Tamansari Bogor

Hamdan, Hamdan (2021) Pengaruh Tanggung Jawab Orang Tua dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an terhadap Akhlak Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Minhaj Tamansari Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Tanggung Jawab Orang Tua dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an terhadap Akhlak Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Minhaj Tamansari Bogor] Text (Pengaruh Tanggung Jawab Orang Tua dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an terhadap Akhlak Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Minhaj Tamansari Bogor)
2021-HAMDAN-2017.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab orang tua dan kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap akhlak peserta didik, baik secara parsial/ sendiri-sendiri maupun secara simultan/ bersama-sama. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan alat pengumpul data menggunakan angket. Sedangkan, analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat sebaran sampel, dan tingkat perkembangan variabel penelitian, uji prasyarat analisis statistik, dan uji t (parsial) dan uji F (simultan) dalam analisis regresi linier berganda untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Minhaj Tamansari, Bogor, sejumlah 80 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan pada tanggung jawab orang tua terhadap akhlak peserta didik berdasarkan hasil uji t parsial, yang menunjukkan bahwa hasil perhitungan (thitung) adalah 3,152 dan t pada tabel (ttabel) adalah 1,992 (thitung = 3,152 > ttabel = 1,992) dan nilai signifikansi 0,002 < dari probabilitas 0,05/5%. Besarnya pengaruh ditunjukkan dengan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,103, yang berarti bahwa tanggung jawab orang tua memberikan pengaruh terhadap akhlak peserta didik sebesar 10,3%. Sedangkan arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana, yang menunjukkan persamaan regresi linear sederhana Ŷ = 76,985 + 0,307 X1. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor tanggung jawab orang tua, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor akhlak peserta didik sebesar 77,292. Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap akhlak peserta didik berdasarkan hasil uji t parsial, yang menunjukkan bahwa t hasil perhitungan (thitung) adalah 3,510 dan t pada tabel (ttabel) adalah 1,992 (thitung = 3,510 > ttabel = 1,992) dan nilai signifikansi 0,001 < dari probabilitas 0,05/5%. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,127, yang berarti bahwa kemampuan menghafal Al-Qur’an memberikan pengaruh terhadap akhlak peserta didik sebesar 12,7%. Sedangkan arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi sederhana, yang menunjukkan persamaan regresi linear sederhana Ŷ = 57,784 + 0,657 X2. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kemampuan menghafal Al-Qur’an, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor akhlak peserta didik sebesar 58,441. Ketiga, terdapat pengaruh tanggung jawab orang tua dan kemampuan menghafal Al-Qur’an secara simultan atau bersama-sama terhadap akhlak peserta didik berdasarkan hasil uji F simultan (Uji F), yang menunjukkan nilai F hitung 10,500 lebih besar dari pada nilai F tabel 3,110 (Fhit = 11,311 > Ftab = 3,110) dan nilai signifikansi (Sig) 0.000 < probability 0.05. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,227, yang berarti bahwa tanggung jawab orang tua dan kemampuan menghafal Al- Qur’an secara bersama-sama atau simultan memberikan pengaruh terhadap akhlak peserta didik sebesar 22,7%. Sedangkan arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda, yang menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 21,799 + 0,301 X1 + 0,648 X2. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan skor tanggung jawab orang tua dan kemampuan menghafal Al- Qur’an secara bersama-sama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan akhlak peserta didik, sebesar 22,784.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 18 Dec 2021 05:37
Last Modified: 18 Dec 2021 05:37
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item
View Item