repository ptiq

Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di Yayasan Perguruan Al-Ihsan Meruya Utara, Jakarta Barat

Ilkoini, Ibnu (2021) Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di Yayasan Perguruan Al-Ihsan Meruya Utara, Jakarta Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di Yayasan Perguruan Al-Ihsan Meruya Utara, Jakarta Barat] Text (Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di Yayasan Perguruan Al-Ihsan Meruya Utara, Jakarta Barat)
2021-IBNU ILKOINI-2018.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembentukan akhlak peserta didik di Yayasan Perguruan Al-Ihsan Meruya Utara, Jakarta Barat. Didalam kurikulum 2013 ada beberapa unsur kompetensi inti didalamnya dengan menggunakan kalimat KI (Kompetensi Inti) KI 1, KI 2, KI 3, KI 4, KI 1 ialah Sikap Spiritual, KI 2 ialah Sikap Sosial, KI 3 ialah Pengetahuan (kognitif), dan KI 4 ialah keterampilan (Psikomotorik). Pembentukan akhlak didalam kompetensi tersebut ada di KI 1 dan KI 2. Didalam KI 1 tersebut menganjurkan siswa untuk beribadah dan dalam beribadah mempunyai adab-adab yang harus dipatuhi ketika ingin melaksanakan dan ketika berlangsungnya peribadatan tersebut, karena pada hakikatnya ketika seseorang beribadah tanpa disadari seseorang tersebut sedang menghadap dan mengadu kepada Allah SWT. Sedangkan di dalam KI 2 ialah sikap sosial, sikap sosial yang dimaksud adalah sikap atau akhlak seseorang kepada orang lain dalam bergaul. Maka pengimplementasian kurikulum 2013 dalam pendidikan sangatlah penting untuk pembentukan akhlak peserta didik karena pada dasarnya kurikulum 2013 menonjolkan pembelajaran yang aktiv, inovatif, kreatif serta berkakhlak mulia dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Adapun hasil implementasi kurikulum 2013 dalam pembentukan akhlak di Yayasan Yerguruan Al-Ihsan sudah berjalan dengan baik dan hasilnya terbentuk peserta didik yang berakhlak mulia, seperti berbakti kepada orang tua, jujur, tanggung jawab, dll.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 378. Pendidikan Tinggi, Unversitas > 378.598. Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 20 Dec 2021 07:27
Last Modified: 20 Dec 2021 07:27
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item
View Item