Hasanah, Muizzatul (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring dan Kesehatan Mental Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2021-MUIZZATUL HASANAH-2018.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data- data empirik terkait pengaruh pembelajaran daring dan kesehatan mental siswa terhadap minta belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 80 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif dengan menggunakan sofware pengolah data statistik SPSS versi 26. Hasil penelitian adalah: Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa. Hal ini dapat di lihat dari koefisien korelasi (r) sebesar 0,466 dan koefisien determinasi atau besarnya pengaruh (R2) R square sebesar 21,8%. Arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi sederhana, yang menunjukkan persamaan regresi linear sederhana (unstandardized coefficients B) Ŷ = 59,750 + 0,503 X1 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor pembelajaran daring (X1) akan memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa (Y) sebesar 0,503. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh kesehatan mental terhadap minat belajar siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,435 dan koefisien determinasi atau besarnya pengaruh (R2) R square sebesar 18,9%. Arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi sederhana, yang menunjukkan persamaan regresi linear sederhana (unstandardized coefficients B) Ŷ = 64,092 + 0,480 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kesehatan mental (X2) akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor minat belajar siswa (Y) sebesar 0,480. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh pembelajaran daring dan kesehatan mental siswa terhadap minat belajar siswa. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,604 sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 36,5%. Analisis regresi ganda, menunjukkan persamaan regresi (unstandardized coefficients B) Ŷ = 17,200 + 0,455 X1 + 0,426 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan skor pengaruh pembelajaran daring (X1) dan kesehatan mental (X2) secara bersama-sama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa (Y) sebesar 0,881.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 04:06 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 09:38 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/501 |