repository ptiq

Implementasi Hak Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur’an Di SDS Jakarta Islamic School

Surahman, Hendra (2021) Implementasi Hak Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur’an Di SDS Jakarta Islamic School. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2021-HENDRA SURAHMAN-2018.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif desktriptif. Implementasi Hak Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur’an khususnya peserta didik di SDS Jakarta Islamic School, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. Permasalahan yang berada dalam lingkup sebuah keluarga dan sekolah berupa kenakalan anak-anak, ketidak patuhan terhadap orangtuanya dan gurunya, kurang perhatian dari orangtuanya dan lain sebagainya ini mengidentifikasikan bahwa adanya problematika dalam keluarga dan ditempat belajar, lalu sejauhmana posisi para pendidik dan keluarga bisa memberikan hak pendidikan kepada para peserta didik dan atau anak-anaknya yang sesuai dengan ajaran syariat Islam melalui perspektif Al-Qur’an. Ada tujuh hak anak yang harus senantiasa mereka dapatkan dan terima dari orang tua maupun para pendidik diantaranya: Hak Pendidikan Iman dan Tauhid, Hak Pendidikan Ibadah, Hak Pendidikan Akhlak, Hak Pendidikan Fisik, Selanjutnya Hak Pendidikan Intelektual, Hak Pendidikan Kejiwaan dan diakhiri dengan Hak Pendidikan Sosial. Maka dengan pengimplementasian hak Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur’an di SDS Jakarta Islamic School, Jakarta Barat, telah memberikan konstribusi yang baik dan positif terhadap perkembangan pendidikan para peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 27 Apr 2022 04:26
Last Modified: 27 Apr 2022 04:26
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item
View Item