repository ptiq

Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mensinergikan Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Al Minhaj Bogor

Sufiyani, Sufiyani (2022) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mensinergikan Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Al Minhaj Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-SUFIYANI-2017.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Kesimpulan tesis ini adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah sangat menentukan keberhasilan dalam mensinergikan pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan pada suatu lembaga. Karena dengan gaya kepemimpinan yang sesuai, akan mudah bagi kepala sekolah untuk mempengaruhi bawahannya agar mau bekerjasama, bersinergi dan bekerja secara produktif untuk mencapai visi dan misi sebuah lembaga. Sebaliknya gaya kepemimpinan yang kaku dan tertutup terkadang menimbulkan masalah memenejerial bahan. Dari penelitian yang dilakukan penulis pada SMA Al Minhaj Bogor, penulis mendapatkan bahwa gaya kepemimpinan dari kepala sekolah SMA Al Minhaj adalah gabungan dari gaya kepemimpinan direktif dan gaya kepemimpinan konsultatif, hal ini penulis dapatkan dari kuesioner dan dengan melakukan observasi. Dimana kepala sekolah ketika memutuskan sebuah masalah sering tidak melibatkan bawahan dan hal tersebut termasuk dalam gaya kepemimpinan direktif, dan jika dilihat dari segi gaya kepemimpinan konsultif, kepala sekolah melibatkan bawahan untuk menerima informasi dan keluhan tentang apa saja yang terjadi, yang kemudian diambil keputusan terhadap masalah tersebut sendiri. Dengan demikian sebagian para pendidik merasa hubungan komunikasi yang kurang dan jarang dari kepala sekolah dengan para guru. Hal ini menimbulkan suasana yang kurang nyaman dirasakan oleh sebagian guru ketika mereka bertugas atau ketika berada di lingkungan kerja. Kerenggangan hubungan yang diakibatkan oleh jarangnya komunikasi antara kepala sekolah dan guru sebagai pendidik telah berlangsung lama, dan usaha-usaha untuk memperbaiki komunikasi mulai dibangun dan diusahakan. Berdasarkan penemuan yang didapati oleh peneliti melalui metode angket/kuesioner yang telah penulis sebarkan kepada tenaga pendidik dan kependidikan di SMA Al Minhaj, maka kepala sekolah di SMA Al Minhaj telah berupaya dalam menjalankan tugasnya dengan segenap kemampuan yang dimilikinya sebagai kepala sekolah. Dengan gaya kepemimpinannya sebagaimana dijelaskan di atas kepala sekolah berusaha untuk mensinergikan pengelolaan pada lembaganya, terkhusus pada pendidik dan tenaga kependidikannya. Kepala sekolah menginginkan para pendidik dan tenaga kependidikan melaksanakan tupoksi masing-masing sesuai tugas yang diamanahkan kepada mereka, saling mendukung terhadap terlaksananya sebuah keputusan dan peraturan demi tercapainya sebuah tujuan atau visi yang akan dicapai. Akan tetapi sebagaimana dijelaskan di atas, bahwa gaya kepemimpinan yang kurang sesuai, menjadikan suasana kerja terasa kurang nyaman.Tesis ini bersesuaian dengan; Muhammad Asran Dirun (2016), Desi Lawarni Tanjung (2019), Hadrawati Marhadi (2020) yang menyatakan bahwa gaya kepemimpinan mempengaruhi terhadap pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan dan kinerja mereka pada sebuah lembaga pendidikan. Adapun metode yang digunakan pada tesis ini adalah metode kualitatif, yang dituangkan dalam bentuk deskriptif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238. Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 24 Jul 2022 01:39
Last Modified: 24 Jul 2022 01:39
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item
View Item