repository ptiq

Penguatan Moderasi Beragama Pada Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Di SMAN 6 Depok

Jamaluddin, Jamaluddin (2022) Penguatan Moderasi Beragama Pada Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Di SMAN 6 Depok. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
FULL TESIS.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Pembahasan tentang moderasi beragama akan selalu menjadi topik hangat dan diskursus panjang. Islam dalam ajarannya dikenal dengan terminologi rahmatan li al ‘alamin (rahmat bagi seluruh alam). Namun, fakta sejarah menorehkan cerita, tidak semua misi agama itu berjalan secara artikulatif. Banyak penganut paham keagamaan dalam praktiknya masih jauh dari misi agama itu sendiri. Ekstremisme, fundamentalisme, eksklusivisme yang saat ini sudah banyak menghinggapi para remaja sekolah tingkat atas menjadi salah satu penyebabnya. Penguatan moderasi beragama dalam hal ini memiliki peran penting dalam pengarusutamaan moderasi beragama di sekolah.
Dalam penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi penguatan moderasi beragama di SMAN 6 Depok, bagaimana perilaku dan pemahaman siswa khususnya para aktivis ekstrakurikuler rohis terhadap moderasi beragama di SMAN6 Depok, bagaimana implementasi dan implikasi moderasi beragama khususnya pada aktivis rohis di SMAN 6 Depok. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study) menggunakan fenomenologi, memusatkan perhatian pada satu objek yaitu moderasi beragama sebagai sebuah kasus untuk dikaji secara mendalam sehingga mampu membongkar realitas di balik fenomena tersebut.
Dalam penelitian ini juga menjelaskan tentang upaya pencegahan paham ekstremisme terutama yang mengarah pada radikalisme menurut perspektif al-Qur’an dan tinjauan para ahli dengan pendekatan persuasi dan preventif, sehingga mampu mencegah dan meredam gejolak paham ekstremisme. Strategi penguatan nilai-nilai moderasi beragama yang didesain kepala sekolah dan guru PAI sebagai pembina ekstrakurikuler rohani Islam (rohis) dalam pembelajaran dan pengembanganPAI, pembinaan rutin dari kepala sekolah merupakan sebuah upaya sekolah mampumenyadarkanpesertadidikakankeberagamansebagai sebuah kehendak Tuhan yang tidak dapat dinafikan. Kehidupan beragama di SMAN6 Depok memperlihatkan keberagamaaan yang moderat dan menerima keberagaman. Meskipun terkadang masih diwarnai pernak pernik fanatismedari pesertadidikdalammengamalkan ajaran agama dan kehidupan beragama, namun pada proses pengimplementasiannya pengawasan dan pemahaman ajaran agama baik secara tekstual dan kontekstual dari guru agama masih menunjukkan jati diri sebagai pemeluk agama yang rahmah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238. Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 11 Sep 2022 04:20
Last Modified: 11 Sep 2022 04:20
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item
View Item