repository ptiq

Pengaruh Membaca Al-Qur’an Dan Motivasi Keluarga Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara Bekasi

Ahmad, Ma’arif Nur (2021) Pengaruh Membaca Al-Qur’an Dan Motivasi Keluarga Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara Bekasi. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-MA'ARIF NUR AHMAD-2018.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Membaca Al-Qur‘an Dan Motivasi Keluarga Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Sekolah Hafizh Qur‘an Anak Juara Bekasi baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu peserta didik Sekolah Hafizh Qur‘an Anak Juara Bekasi. Sampel penelitian ini sebanyak 80 responden dari total 100 populasi peserta didik Sekolah Hafizh Qur‘an Anak Juara Bekasi tahun pelajaran 2020-2021. Adapun dasar dalam pengambilan sampel menggunakan teknik sampling slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskiriptif. Hasil dari penelitian ini adalah :
Pertama. Terdapat pengaruh positif dan signifikan membaca Al-Qur‘an terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di Sekolah Hafizh Qur‘an Anak Juara Bekasi. Berdasarakan hasil uji T parsial dalam analisis regresi linier berganda, yang menunjukkan bahwa T hasil perhitungan (Thitung) adalah 2,489 dan T pada tabel (Ttabel) adalah 1.991 (Thitung = 2,489 > Ttabel = 1,991) dan nilai signifikansi 0,002 < dari probabilitas 0,05/5%. Besarnya pengarauh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,559, yang berarti bahwa membaca Al-Qur‘an memberikan pengaruh terhadap kecerdasan spiritual peserta didik sebesar 55,90% dan sisanya yaitu 44,10% ditentukan oleh faktor lainnya. Sedangkan arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi linier sederhana, yang menunjukkan persamaan regresi linier sederhana (unstandardized coefficients B) Ŷ = 24,870 + 0.342 X1. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor membaca Al-Qur‘an akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor kecerdasan spiritual peserta didik sebesar 25,212.
Kedua. Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi keluarga terhadap kecerdasan spiritual peserta didik Sekolah Hafizh Qur‘an Anak Juara Bekasi, berdasarakan hasil uji T parsial dalam analisis regresi linier berganda, yang menunjukkan bahwa T hasil perhitungan (Thitung) adalah 2,489 dan T pada tabel (Ttabel) adalah 1.991 (Thitung = 2,489 > Ttabel = 1,991) dan nilai signifikansi 0,000 < dari probabilitas 0,05/5%. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,559 yang berarti bahwa motivasi keluarga memberikan pengaruh terhadap kecerdasan Spirirual Peserta Didik sebesar 55,90 % dan sisanya yaitu 44,10% ditentukan oleh faktor lainnya. Sedangkan arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi sederhana, yang menunjukkan persamaan regresi linier sederhana (unstandardized coefficients B) Ŷ = 24,870 + 0,685 X2. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor motivasi keluarga akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor kecerdasan spiritual peserta didik sebesar 25,555. Ketiga. Terdapat pengaruh membaca Al-Qur‘an dan motivasi keluarga secara simultan atau bersama-sama terhadap kecerdasan spiritual peserta didik Sekolah Hafizh Qur‘an Anak Juara Bekasi, berdasarakan hasil uji F simultan (Uji F) dalam analisis regresi linier berganda, yang menunjukkan nilai F hitung 7,271 lebih besar dari pada nilai F tabel 2,72 (Fhitung = 7,721 > Ftabel = 2,72) dan nilai signifikansi (Sig) 0.000 < probability 0.05. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,559, yang berarti bahwa membaca al-Qur‘an dan motivasi keluarga secara bersama-sama atau simultan memberikan pengaruh terhadap kecerdasan spiritual peserta didik sebesar 55,90% dan sisanya yaitu 44,10% ditentukan oleh faktor lainnya. Sedangkan arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi linier berganda, yang menunjukkan persamaan regresi (unstandardized coefficients B) Ŷ = 24,870 + 0,342 X1 + 0,685 X2. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan skor membaca Al-Qur‘an dan motivasi keluarga secara bersama-sama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor kecerdasan spiritual peserta didik sebesar 25,897.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:14
Last Modified: 27 Oct 2022 04:14
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item
View Item